Enam Unit Kios di Kota Palu Ludes Terbakar

Petugas pemadam kebakaran berupayta memadamkan api yang menghanguskan kios di Jalan Emi Saelan, Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Rabu (13/11/2019). [Polres Palu]
Bagikan Artikel Ini
  • 309
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Sebanyak enam unit kios di Jalan Emi Saelan, Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, ludes terbakar, Rabu (13/11/2019) sekira Pukul 08:05 Wita.

Menurut saksi Sultan, saat kejadian ia tengah berada di kamar kost milikm Amir di lokasi kejadian. Ia melihat asap yang disertai api muncul dari kabel listrik yang terletak di bagian atap rumah kost. Kemudian kabel listrik yang disertai api tersebut jatuh di dalam kamar kost milik Doni yang letaknya tepat di belakang kios penjual Parfum.

Baca Juga:

Saksi kemudian berusaha memadamkan memadamkan api dengan alat seadanya, namun api dengan cepat membesar dan merembet ke kios-kios lainnya.

Saksi lain bernama Asmawati menyebutkan, saat itu ia tengah berada di kiosnya yang menjual beras. Ia juga melihat api pertama kali muncul dari dalam/bawah kamar kost milik Doni. Namun ia sama sekali tidak melihat melihat adanya api yg muncul dari kabel listrik yang berada di atas kamar kost tersebut.

Melihat hal itu ia kemudian lari keluar kios sambil berteriak kebakaran, namun api dengan cepat membesar dan merembet ke banguna lainnya yang mayoritas terbuat dari kayu.

Bangunan rumah dan kios tempat usaha yang terbuat dari kayu tersebut juga membuat api dengan cepat merembet ke bangunan rumah lainnya yang letaknya saling berdekatan. Kemudian disertai dengan kencangnya angin yang membuat api dengan cepat membesar.

Loading…

Sekira Pukul 08.20 Wita, sebanyak tiga unit kendaraan pemadam kebakaran Dinas Damkar Kota Palu tiba di lokasi kebakaran dan langsung berupaya memadamkan api yang di bantu oleh warga sekitar agar tidak meluas ke bangunan lainnya.

Kapolres Palu AKBP H. Moch Soleh, S.IK, SH, MH membenarkan kebakaran tersebut terjadi dijalan Emisaelan, pihak kami masih melakukan menyelidikian penyebab pasti kebakaran tersebut.

Namun dugaan sementara, kebakaran itu terjadi karena adanya sumber atau percikan api dari kabel listrik disalah satu rumah kos kemudian merembet kerumah kios salah satu korban,” imbuhnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk kerugian materi belum bisa ditaksir,” kata Kapolres.

Adapun identitas enam pemilik kios atau korban kebakaran itu yakni Pr.Sitinadira (44), Agus Mendi (52), Veri(41), Hj.Asmawati (56),Sumiati (52) dan Almarhum Amir (Kost).

Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh,SIK .SH.MH menghimbau kepada masyarakat kota palu harus lebih berhati – hati beraktifitas sehari – hari hindari kemungkinan yang akan terjadi bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.” tegasnya.[***]

Penulis; Thio
Editor; Sutrisno

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA