Facebook Bakal Satukan WhatsApp, Instagram, dan Messenger

Facebook
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Facebook berencana untuk menggabungkan layanan WhatsApp, Messenger, dan Instagram. Dengan begitu, pengguna ketiga layanan tersebut bisa mengirim pesan tanpa beralih aplikasi.

WhatsApp, Instagram, dan Messenger tetap akan menjadi aplikasi terpisah. Tapi, ketiga layanan akan disatukan di bawah platform atau protokol pengiriman pesan tunggal.

Baca Juga

Dengan perubahan ini, pengguna bisa mengirim pesan dari salah satu sistem chat ke yang lain tanpa perlu meninggalkan aplikasi seperti WhatsApp. Meski belum banyak informasi yang dibagikan tapi aplikasi dikatakan akan menyertakan enkripsi end-to-end.

Enkripsi end-to-end berguna untuk memastikan hanya partisipan percakapan yang bisa melihat pesan yang dikirim. Raksasa jejaring sosial ini berencana untuk merampungkan pekerjaannya ini pada akhir 2019 atau awal 2020.

Loading…

“Kami ingin membangun pengalaman pengiriman pesan terbaik yang kami bisa; dan orang-orang ingin pengiriman pesan cepat, sederhana, andal, dan private. Kami sedang berupaya membuat lebih banyak produk perpesanan kami terenkripsi end-to-end dan mempertimbangkan cara agar membuatnya lebih mudah menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan,” kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Cnet, Sabtu (26/1/2019).

Strategi ini juga menyoroti cara CEO Facebook Mark Zuckerberg mengerahkan banyak kontrol atas perusahaan hasil akuisisi miliaran dolar. Facebook membeli WhatsApp seharga 19 miliar dolar AS pada 2014.

Sebelumnya, pada 2012, Facebook lebih dulu membeli Instagram dengan harga 1 miliar dolar AS. Ironisnya, sejumlah pendiri Instagram dan WhatsApp dikabarkan berselisih dengan bos Facebook tersebut dan memilih meninggalkan perusahaan kembangannya. [***]

 

Sumber; iNews

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA