Facebook Beri Bantuan UKM Rp12,5 Miliar, Begini Cara Daftarnya

  • Whatsapp
Facebook. [Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 51
    Shares

Jakarta, JurnalNews.idFacebook memberikan bantuan senilai total Rp12,5 miliar kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Bantuan diberikan untuk membantu mereka menghadapi ketidakpastian ekonomi akibat pandemi covid-19.

Country Director Facebook untuk Indonesia Pieter Lydian mengatakan pelaku UKM tak diwajibkan memiliki akun di Facebook sebagai syarat pendaftaran. Pendaftaran program itu dibuka dari 6 Oktober hingga 13 Oktober 2020.

Baca Juga:

“Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat, termasuk dukungan finansial, untuk membantu mereka bangkit kembali, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (12/10/2020).

Jika pendaftar telah memenuhi dan memiliki dokumen persyaratan tersebut, maka selanjutnya bisa mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah di laman https://www.facebook.com/business/boost/grants atau https://www.facebook.com/business

Advertisements

Mengutip dari laman tersebut, Facebook menyebutkan persyaratan pendaftaran meliputi UKM memiliki 2 sampai 50 karyawan, telah beroperasi lebih dari 1 tahun, terdampak covid-19, dan berlokasi di sekitar wilayah operasional Facebook.

Untuk Indonesia, pendaftar harus menyiapkan sejumlah dokumen. Meliputi akta pendirian entitas bisnis, akta perubahan terakhir yang dilampirkan jika hanya ada perubahan pada struktur jajaran direktur terkait status pendaftar, dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) atau Nomor Induk Berusaha (NIB) bisnisnya.

Advertisements

Jika pendaftar telah memenuhi dan memiliki dokumen persyaratan tersebut, maka selanjutnya bisa mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah di laman https://www.facebook.com/business/boost/grants.

Facebook menuturkan bantuan itu diberikan kepada sekitar 400 UKM yang memenuhi syarat. Setiap UKM mendapatkan bantuan senilai Rp31,07 juta, terdiri dari uang tunai Rp19,38 juta dan kredit iklan opsional untuk membantu selama pandemi senilai Rp11,63 juta.

Pieter mengatakan Facebook menggandeng Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM terpilih.

Selain bantuan tersebut, pemilik UKM dapat bergabung di Boost with Facebook. Nantinya, mereka akan memperoleh saran dari para ahli dan sesama pemilik UKM, mengunjungi Business Resource Hub dari Facebook.

Yang antara lain berisikan tips, fitur, dan pelatihan online gratis untuk membantu UKM tetap terhubung dengan para pelanggan.

Advertisements

“Pemilik UKM juga bisa mengakses free Facebook Webinars dan mempelajari cara untuk membawa bisnis mereka ke ranah online dan beradaptasi dengan cepat,” tandasnya. [***]

Iklan
loading...

Berita Lainnya

Google News