Gandeng LazisMu, BPKH Bantu Pembangunan Masjid Nur Ilahi Palu

Kepala BPKH Anggito Abimanyu (kiri) menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Nur Ilahi Kota Palu kepada perwakilan LazisMu yang disaksikan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said (tengah), di Palu, Rabu (23/10/2019). [Trisno/JNews]
Bagikan Artikel Ini
  • 59
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyerahkan bantuan pembangunan Masjid Nur Ilahi, Kelurahan Tanamodini, Kota Palu yang terdampak bencana gempa bumi 28 September 2018 lalu. Penyerahan bantuan disalurkan melalui Lembaga Amal Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (LazisMu), di Palu, Rabu (23/10/2019).

Kepala BPKH Kemenag RI Anggito Abimanyu, mengatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil pengembangan dana pengelolaan keuangan haji yang dilakukan BPKH melalui pengelolaan usaha, yang hasilnya disisihkan untuk dimanfaatkan sebesar-besamya bagi jamaah haji dan kemaslahatan umat.

Baca Juga

“Sejatinya ini juga dana umat yang kita kembangkan dan hasilnya disisihkan untuk kemaslahatan umat,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan BPKH ini, pembangunan Masjid Nur Ilahi ditargetkan akan selasai sebelum puasa Ramadhan 2020.

Rencananya, Masjid Nur Ilahi ini akan dibangun lebih besar dari yang ada saat ini, menjadi 1.200 meter persegi (M2), yang terdiri 600M2 lantai I dan 600M2 lantai II.

Khusus untuk pemulihan pascabencana Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) kata Anggito, BPKH telah menyalurkan bantuan sekira Rp20,8 miliar.

Selain membantu pembangunan kembali masjid yang terdampak bencana, BPKH juga membantu pemulihan bencana di Pasigala diantaranya melakukan pembersihan lumpur dan kotoran di kampus IAIN Palu, renovasi RS Siti Masyitah, pembangunan RS Unismuh Palu, pengadaan mobil ambulance, dan kampung BPKH.

“Sampai saat ini ada enam masjid di wilayah Pasigala yang telah dibangun BPKH,” tambahnya.

Loading…

Sementara, Direktur Pendayagunaan dan Pendistribusian LazisMu Joko Intarto mengapresisi BPKH yang telah memberi kepercayaan kepada LazisMu untuk melaksanakan pembangunan Masjid Nur Ilahi melalui Program Kemaslahatan BPKH.

“Insya Allah pembangunan masjid Nur Ilahi akan selesai lebih cepat dari yang ditargetkan. Dari target 1 tahun, kami akan upayakan bisa selesai dalam waktu 8 bulan,” katanya.

Usai menyerahkan bantuan pembangunan masjid Nur Ilahi, Kepala BPKH Anggoito Abimanyu menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Provinsi Sulteng yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Ir. Moh. Faisal Mang, MM, di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng.

Bantuan sekira Rp20,8 Miliar dari Program melalui Program Kemaslahatan BPKH tersebut ditujukan bagi pemulihan Pasigala.

Faisal Mang, mengapresiasi bantuan BPKH yang sangat berarti untuk melipur lara, agar penyintas bangkit berkarya sekaligus bisa melupakan traumatis bencana.

Ia berharap, bantuan yang diberikan BPKH dapat terkontrol, termonitoring dan dievaluasi bantuan secara periodik.

“Agar terjaga akuntabilitas dan transparansinya, tidak melenceng dan sesuai prinsip-prinsip syariah,” ujarnya, Rabu (23/10/2019) siang.

Turut hadir pada serah terima bantuan tersebut diantaranya Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin, Asisten 2 Iskandar Nongtji, Kadis Sosial Provinsi Sulteng Ridwan Mumu, MUI Sulteng, Baznas, Lasiz dan mitra kerja BPKH. [***]

Penulis; Sutrisno/*

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA