Gathering Festival Palu Nomoni

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Walikota Palu Drs. Hidayat dan Wakil Walilota Palu Sigit Purnomo Said (Pasha) menyanyi bersama dalam Gathering Festival Palu Nomoni, di Tanaris Cafe, Sabtu (30/7/2016). (Foto: Jufri/Jurnalsulteng.com)

Palu, Jurnalsulteng.com – Pemerintah Kota Palu menggelar Gathering Festival Palu Nomoni, di Tanaris Cafe Kota Palu, Sabtu (30/7/2016) malam.

Gathering ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan festival yang akan diselenggarakan 24-26 September 2016 mendatang. Festival ini sebelumnya juga sudah dilaunching di Jakarta pada 20 Juni 2016 lalu.

Baca Juga:

Dalam Gathering yang dihadiri mantan petinju dunia Cris Jhon ini Walikota Palu Drs Hidayat mengatakan, festival ini akan meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Palu.

“Melalui Festival Palu Nomoni 2016, diharapkan Palu dapat “menggemakan” keragaman budaya di tingkat nasional dan internasional serta menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan,” kata Hidayat.

Advertisements

Hidayat mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya bernama Festival Teluk Palu. Namun tahun ini dirubah namanya menjadi Festival Palu Nomoni.  “Nomoni artinya berbunyi, jadi kita gemakan (kota) Palu ini,” jelas Hidayat yang didampingi Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said.

Saat pembukaan Festival Palu Nomoni 2016, Sulo (obor) akan dinyalakan secara serentak di 520 titik di sepanjang pesisir Teluk Palu dengan diiringi pertunjukkan Lalove dan Gimba yang dimainkan oleh 1.560 orang.

Advertisements

Festival Palu Nomoni 2016 diselenggarakan dalam rangka hari Ulang Tahun Ke-38 Kota Palu pada 27 September 2016. Dalam festival ini terdapat beberapa rangkaian acara, seperti Instalasi Sulo (obor) di 520 titik di sepanjang Teluk Palu, Ritual Adat dan Budaya Kaili, serta Panggung Seni Budaya Nusantara. Tidak hanya itu, dalam Festival Pesona Budaya Teluk Palu ini juga akan dilaksanakan sejumlah lomba sebagai kegiatan pendukung, antara lain Lomba Perahu Layar Tradisional, Lomba Renang Lintas Teluk Palu, dan Palu Nomoni International Marathon 2016.

Salah satu rangkaian acara yang menarik dari Festival Palu Nomoni 2016 adalah diselenggarakannya Palu Nomoni International Marathon 2016 atau yang lebih dikenal Nomoni Marathon. Lomba lari yang pertama kali diadakan di provinsi Sulawesi Tengah ini akan dihelat pada 25 September 2016 mendatang dengan membuka empat kategori lomba: 5K, 10K, Half-Marathon dan Marathon.

Dalam lomba ini peserta akan disuguhkan pemandangan indah kota Palu, dan peserta juga akan berlari menyusuri Teluk Palu sejauh 7,2 kilometer sambil menikmati pertunjukkan kesenian tradisional kota Palu.

“Untuk lomba lari marathon, pelari asal  Kenya juga sudah mendaftar untuk ikut lomba,” imbuh Hidayat.

Selama festival, kendaraan bermotor juga akan dilarang masuk ke arena festival. “Kalau ada tamu yang datang, hanya akan naik kendraan sampai tempat yang telah ditentukan. Selebihnya akan dijemput menggunakan dokar,” jelasnya.(***)

Advertisements


Rep/Red; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News