Gempa Magnitudo 6,5 Kembali Guncang Filipina

Kondisi Hotel Eva setelah gempa bumi kuat melanda kota Kidapawan di provinsi Cotabato Utara, Kamis (31/10/2019). Gempa bumi kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5 dan merupakan gempa kuat ketiga dalam bulan ini yang berpotensi menimbulkan kerusakan. [AP via Liputan6]
Bagikan Artikel Ini
  • 108
    Shares

Manila, JurnalNews.id – Gempa bumi kuat kembali mengguncang Filipina selatan, kali ini bermagnitudo 6,5. Gempa pada Kamis (31/10/2019) pagi merupakan yang kedua dalam sepekan dan ketiga dalam 2 pekan terakhir.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa bertitik pusat di 9 kilometer sebelah timur Kisante, dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga

Tak ada ancaman tsunami terkait gempa terbaru ini karena titk pusatnya berada di daratan.

Loading…

Sejauh ini belum ada laporan korban dan kerusakan yang ditimbulkan, namun dari kekuatan dan titik pusatnya yakni di darat, guncangannya dirasakan kuat.

Lokasi itu tak begitu jauh dengan gempa bermagnitudo 6,6 yang terjadi pada Selasa (29/10/2019).

Gempa tersebut menewaskan 7 orang dan melukai puluhan lainnya. Guncangan gempa yang dirasakan selama sekitar 1 menit juga itu merusak banyak bangunan rumah dan fasilitas umum, terutama di Tuluan dan Magsaysay, Provinsi Cotabato Utara, Mindanao.

Setidaknya 50 orang terluka disebabkan tertimpa puing-puing, termasuk tujuh siswa dan guru saat berusaha melarikan diri.

Pulau Mindanao di Filipina selatan belum sepenuhnya pulih pascagempa M6,4 yang terjadi pada 16 Oktober, menewaskan sedikitnya lima orang dan merusak puluhan bangunan. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA