Gempa Susulan M 5,5 Guncang Kabupaten Malang, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Whatsapp
Ilustrasi gempa bumi. [Istockphoto]
Bagikan Artikel Ini
  • 17
    Dibagikan

JurnalNews – Gempa bumi susulan dengan magnitudo 5,5 mengguncang  Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim), pada Minggu 11 April 2021 pagi.

Informasi tersebut dilaporkan melalui aplikasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan akun media sosial Twitter @infoBMKG.

Lihat Juga:

Dalam laporannya BMKG menyebutkan, gempa yang terjadi pada Pukul 06:54 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

“Magnitudo: 5.5, Kedalaman: 98 km, 11 Apr 2021 06:54:58 WIB, Koordinat: 8.84 LS-112.41 BT (80 km BaratDaya KAB-MALANG-JATIM), Tidak berpotensi tsunami,” bunyi pengumuman melalui Twitter @infoBMKG, Minggu 11 April 2021.

Guncangan gempa dirasakan (MMI): III – IV di Kota Malang, III Pacitan, III Wonggiri, III Trenggalek, II – III Nganjuk, II – III Ponorogo, II – III Blitar, II Gunung Kidul, II Bantul, Il Kulonprogo.

Berdasarkan monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi empat kali gempa susulan (aftershock) yang terjadi sejak Sabtu siang.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 6.1 terjadi pada Sabtu 10 April 2021.

Gempa yang berpusat di Kabupaten Malang itu itu berdampak di 16 wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jatim.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima Pusdalops BNPB per 21.00 WIB, ada sebanyak 8 orang meninggal dunia 1 orang luka berat dan 22 orang luka ringan.

Dalam rangka penanganan darurat Gempabumi Selatan Malang, BPBD Provinsi Jawa Timur terus melakukan koordinasi bersama 38 BPBD se-Jawa Timur.

Selain itu, BPBD Provinsi Jawa Timur juga terus berkoordinasi dengan BMKG dan instansi Kementerian/Lembaga terkait serta unsur TNI/Polri.

Adapun status Tanggap Darurat Bencana bagi tiap-tiap Kabupaten/Kota sudah dalam proses penyusunan dan akan segera ditetapkan menyusul perkembangan data dan laporan tim di lapangan. ***

Berita Terkait

Google News