Google Doodle Rayakan Ultah Marie Thomas, Siapa Dia?

  • Whatsapp
Google Doodle merayakan ulang tahun ke 125 Marie Thomas. | Foto: Google
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Ada yang beda ketika mengakses laman utama mesin pencari Google.com hari ini, Rabu 17 Februari 2021.

Google Doodle menampilkan digantikan dengan sosok seorang dokter perempuan sedang diterangi lampu, mengalungi stetoskop sambil menggendong bayi.

Baca Juga

Sosok perempuan itu adalah Marie Thomas, yang merupakan dokter perempuan pertama yang berasal dari Indonesia.

Marie Thomas lahir pada 17 Februari 1896. Sehingga hari ini, 17 Februari 2021 merupakan hari ulang tahun (Ultah) yang ke-125. Dari data Wikipedia, Marie Thomas lahir di Desa Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara.

Dia adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter. Semasa hidupnya, Marie Thomas harus berkompetisi dengan dokter laki-laki. Dia lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922.

Dia kemudian mengukir sejarah menjadi spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan.

Sebelum menginjakkan kakinya pertama kali di STOVIA pada 1912, sekolah tersebut konon hanya menerima calon dokter laki-laki saja.

Bahkan, Marie Thomas disinyalir merupakan satu-satunya murid perempuan dari kurang lebih 180 calon dokter dalam satu angkatan.

Adapun masuknya perempuan asal Minahasa, Sulawesi Utara ini ke STOVIA tidak lepas dari peran Aletta Jacob, sosok yang juga dikenal sebagai dokter perempuan pertama, namun di negara Belanda.

Pos terkait

Google News