Gubernur Sulteng Janji Benahi Infrastruktur Wisata Dirgantara

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Advertisements
Pemerintah provinsi bersama Pemkab Sigi akan memperbaiki infranstruktur dan sarana/prasana dari dan ke lokasi wisata dirgantara di Pegunungan Matantimali, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi. (Foto: google images)

Palu, Jurnalsulteng.com- Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berjanji akan membenahi infrastruktur di lokasi obyek wisata dirgantara Matantimali yang baru saja dipakai sebagai tempat pelaksana Prakejuaraan Dunia Paralayang, guna menarik wisatawan mancanegara.

“Kami, pemerintah provinsi bersama Pemkab Sigi akan memperbaiki infranstruktur dan sarana/prasana dari dan ke lokasi wisata dirgantara di Pegunungan Matantimali, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi,” kata Gubernur Longki saat menjamu dan menutup Prakejuaraan Dunia dan Kejurnas Paralayang, 13-20 Agustus 2016, Sabtu (20/8/2016) malam.

Baca Juga:

Gubernur mengatakan bahwa ia baru saja melihat lokasi paralayang dan menurut informasi lokasi itu sangat disukai para atlet mancanegara dan nasional olahraga paragliding.

“Bahkan mereka katakan wilayah itu `surganya` paralayang,” kata Longki.

Advertisements

Lokasi paralayang Matantimali yang terletak di atas ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut tersebut selama ini merupakan lokasi `take off` paralayang.

Beberapa kali kejuaraan tingkat nasional dan internasional dilaksanakan di tempat itu. Namun kegiatan yang baru saja selesai dilaksanakan yaitu Prakejuraan Dunia dan Kerjurnas Paralayang kali ini cukup banyak atlet yang hadir.

Bahkan paling banyak, kata gubernur, adalah atlet mancanegara dari 16 negara di dunia dan tuan rumah Indonesia.

Advertisements

Mengingat lokasinya sangat bagus dan cocok untuk pelaksanaan kompetetisi paragliding, makanya semua sarana dan prasana, termasuk jalan menuju lokasi itu akan segera diperbaiki.

Begitu pula sarana dan fasilitas lain di dalam areal lokasi paralayang seperti bangunan, air bersih, listrik dan juga penunjang lainnya akan dilengkapi.

“Kita harus benahi semua kalau mau dijadikan areal untuk penyelenggaraan iven-iven lebih besar sekaligus menarik banyak wisatawan datang ke wilayah Sulteng, terutama Matantimali yang selama ini sudah mulai dikenal,” kata Gubernur Longki.

Hal senada juga disampaikan Bupati Sigi Irwan Lapata yang mengatakan siap bersama Pemprov Sulteng untuk menyediakan infranstruktur memadai agar ke depan bisa lagi dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan olahraga skala besar seperti kejuaraan dunia paralayang.

Selain itu, lokasi paralayang di Desa Wayu juga telah ditetapkan sebagai salah satu obyek wisata unggulan Pemkab Sigi untuk menyedot lebih banyak wisatawan mancanegara datang ke dearah itu.[***]

Source; Antara

Advertisements
Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News