Hati-hati, Makanan Pedas Picu Jerawat

Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Jerawat seringkali mengganggu penampilan. Dan faktor pemicu jerawat pun sangat banyak dan beragam.

Kendati demikian, salah satu yang paling berperan terhadap munculnya jerawat adalah pola makan. Pola makan dapat memengaruhi kesehatan tubuh, sehingga pola makan yang baik dapat memberi dampak positif untuk kulit.

“Pola makan yang baik itu bermanfaat untuk kulit. Kesehatan kulit menjadi terjaga dengan menjaga pola makan dengan baik,” ujar spesialis kulit dr. Edwin Tanihaha, SpKK, yang dikutip Viva.co.id.

Dia menuturkan, makanan yang dapat memicu jerawat adalah jenis makanan yang mengandung lemak. Dan lemak cenderung terkandung di dalam makanan yang pedas.

“Untuk makanan pedas, memiliki kandungan lemak, jika dimakan berlebihan akan berisiko menimbulkan jerawat. Apalagi kalau yang memiliki genetik berjerawat,” ucapnya.

Dia menuturkan, faktor genetik berpengaruh pada timbulnya jerawat. Karena itu, makanan pedas tidak disarankan berlebihan untuk dikonsumsi.

“Makanan pedas juga enggak langsung membuat kulit jerawatan, makanya dimakan secukupnya saja. Pastikan juga kebersihan kulit terus terjaga untuk menghindari lemak yang menumpuk,” ujar dia.[***]

loading...

Berita Lainnya

Google News