Hebat! LazisMu Muhammadiyah Bagikan Ribuan Tablet ke Pelosok Negeri

  • Whatsapp
Lazismu PP Muhammadiyah bersama Enuma Indonesia, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, dan Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah saat Launching Program EduTabMu: Digital Learning Acceleration secara daring, Selasa 17 Agustus 2021. | Foto: lazismu.org
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Lazismu PP Muhammadiyah bersama Enuma Indonesia, Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, dan Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah melaksanakan launching program EduTabMu: Digital Learning Acceleration secara daring, Selasa 17 Agustus 2021.

EduTabMu adalah program pembagian 5.000 unit tablet dengan program Sekolah Enuma Indonesia kepada siswa-siswi di seluruh pelosok Indonesia. Program Sekolah Enuma Indonesia yang tertanam dalam 5.000 tablet tersebut bisa diakses tanpa internet.

Baca Juga

Program tersebut mendapatkan perhatian dari banyak pihak. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengucapkan selamat atas diluncurkannya program EduTabMu.

Ia berharap EduTabMu dapat membantu meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran di masa pademi serta mampu mengakselerasi pendidikan digital terutama di daerah-aderah yang terpencil.

Senada dengan itu, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga mengucapkan selamat atas diluncurkannya program EduTabMu.

Menurut pria yang kerap disapa Zulhas tersebut, pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi. Banyak tantangan pembelajaran daring seperti ketersediaan gawai, kuota, akses internet, dan lain-lain.

“Alhamdulillah Muhammadiyah melalui Lazismu dan Majelis Dikdasmen hadir dengan program 5000 tablet pembelajaran yang bisa digunakan tanpa akses internet. Selamat dan terima kasih kepada Muhammadiyah, saya sangat mengapresiasi program ini. Semoga program ini sukses dan banyak manfaatnya,” ujar Zulhas.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan H. E. Umar Hadi menyampaikan bahwa program EduTabMu akan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia.

Ia percaya bahwa Muhammadiyah mampu menjalankan program kemitraan dengan baik, sehingga akan menghasilkan kontribusi yang baik.

“Saya sangat senang ketika mendengar bahwa Lazismu akan menjalankan program tersebut bersama Enuma. Saya juga sangat senang ketika dalam berbagai rapat, saya mendapatkan laporan bahwa perkembangan program berjalan dengan sangat baik,” ujar Dubes Umar Hadi.

Coorporate Affairs Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart Solihin menyebut bahwa Alfamart mendukung penuh program EduTabMu.

Menurutnya, program tersebut dapat menjadi akselerator pendidikan yang diinisiasi oleh Muhammadiyah. Ia berharap bantuan di bidang pendidikan tersebut bermanfaat bagi generasi muda di Indonesia.

Direktur KOTRA Indonesia Junhan Kim, dalam Bahasa Inggris menyebut bahwa kolaborasi antara Muhammadiyah sebagai organisasi Islam tertua di Indonesia yang konsen pada bidang pendidikan dan Enuma sebagai perusahaan yang juga konsen di bidang pendidikan akan menghasilkan program yang baik.

Ia mengaku banyak mendengar cerita guru-guru di pelosok Indonesia yang gigih berjuang di tengah-tengah badai PJJ.

“Mereka berjalan kaki ke pelosok-pelosok desa, mendatangi rumah murid yang sedang PJJ, kemudian mengajari mereka. Maka, EduTabMu akan dapat menjawab tantangan-tantangan seperti ini. Selamat untuk peluncuran EduTabMu, ini sangat spesial,” ujar Junhan Kim.

Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Dr. Kasiyarno yang juga penanggung jawab program EduTabMu menyatakan bahwa program Inovatif ini akan dilaksanakan selama 5 Tahun ke depan.

Hingga Tahun 2025, ditargetkan 12.000 Tablet untuk 1.200 Sekolah TK ABA dan SD Muhammadiyah seluruh Indonesia.

Program EdutabMu tidak hanya menyentuh siswa dan sekolah semata, akan tetapi penguatan dan peningkatam kapasitas 2.400 Guru TK ABA dan SD Muhammadiyah di bidang pengajaran literasi, numerasi dan bahasa. ***

Berita Terkait

Google News