IAIN Palu Tingkatkan Keterampilan Dosen Berbahasa Asing

  • Whatsapp
Peserta mengikuti seremonial kegiatan kursus bahasa asing Arab dan Inggris bagi dosen, di IAIN Palu, Kamis (6/8/2020). [Humas IAIN Palu]
Bagikan Artikel Ini
  • 42
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah meningkatkan keterampilan dosen berbahasa asing Arab dan Inggris, sebagai bentuk upaya peningkatan daya saing.

“Visi besar IAIN Palu ialah pembangunan mutu dan daya saing, olehnya kita ingin tingkatkan kapasitas dan keterampilan semua komponen akademik salah satunya dosen mengenai keterampilan berbahasa asing,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr Abidin Djafar, pada pembukaan kursus bahasa asing Arab dan Inggris, bagi dosen IAIN Palu, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga:

IAIN Palu melalui UPT Bahasa kembali melaksanakan kursus bahasa asing yang di khususkan bagi dosen muda, baik dosen CPNS tahun 2018 – 2019, dan dosen non-PNS.

Kata Abidin Djafar, dosen di lingkungan IAIN Palu perlu untuk memiliki keterampilan berbahasa Arab dan Inggris, yang tidak hanya karena tuntutan perkembangan zaman.

Advertisements

Melainkan, sebut dia, keterampilan berbahasa Arab dan Inggris bagi dosen akan menjadi satu penanda atau ciri khas perguruan tinggi keagamaan Islam negeri IAIN Palu.

“Kita inginkan kompetensi berbahasa asing ini menjadi salah satu penanda atau ciri khas, yang sekaligus menjadi simbol dari mutu dan daya saing lembaga,” sebutnya.

Olehnya, ia berharap dosen-dosen muda agar mengikuti dengan seksama kursus bahasa asing yang dilaksanakan UPT Bahasa IAIN Palu, agar bisa menjadi satu keterampilan bagi dosen.

Advertisements

Ia menambahkan, selain dosen, IAIN Palu juga terus mengasah keterampilan mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang tinggi berbahasa asing Arab dan Inggris.

Terkait hal itu Sekretaris UPT Bahasa Muh Tamrin Pettawali mengemukakan, penguasaan bahasa asing khusunya Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa resmi yang diakui PBB adalah sebuah keharusan.

“Bahasa asing tersebut bukan hanya untuk keperluan komunikasi di tingkat global, tetapi juga berperan penting dalam keperluan dunia academik dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mengingat pentingnya penguasan bahasa asing tersebut maka UPT Bahasa IAIN Palu memasukkan kegiatan ini bagi mutu dosen IAIN Palu,” sebutnya.

Ia melanjutkan, penerima manfaat kegiatan tersebut adalah 30 orang dosen IAIN Palu sebagai peserta, yang diharapkan akan memiliki kemampuan penguasaan bahasa Arab dan Inggris dengan skor hasil test penguasaan (profiency test) minimal 70 pada skala 100.

Muh Tamrin Pettawali menambahkan waktu pencapaian keluaran dalam kegiatan kursus Bahasa Arab dan Inggris bagi dosen IAIN Palu adalah, setelah peserta mengikuti kursus selama enam pertemuan selama 12 jam pelajaran, dengan tiga jenis materi tiap jenis bahasa. [***]

Advertisements

Sumber: Humas IAIN Palu

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News