Indonesia vs Singapura: Laga Menegangkan, Garuda Lolos ke Final Piala AFF

Pratama Arhan merayakan gol yang dicetaknya untuk Indonesia ke gawang Singapura. | Foto: Instagram.com/@pssi
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Tim nasional Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 setelah menundukkan Singapura, dengan skor 4-2 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada 25 Desember 2021.

Laga yang berlangsung menegangkan itu diwarnai dengan tiga kartu merah.

Baca Juga

Adapun dua pemain Singapura yang diusir wasit yaitu Safuwan Baharudin, Irfan Fandi dan kiper Hassan Sunny.

Gol-gol Indonesia dalam partai yang harus melewati babak tambahan tersebut dibuat oleh Ezra Walian, Pratama Arhan, bunuh diri bek Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri.

Sementara Singapura mempersempit jarak skor berkat gol Song Ui-young dan Shahdan Sulaiman.

Kedua tim langsung bermain terbuka sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya sepak mula.

Timnas Indonesia acap mengancam Singapura melalui umpan-umpan pendek di daerah pertahanan lawan.

Di sisi lain, Singapura sering mengancam Timnas Indonesia melalui umpan-umpan panjang dan serangan balik.

Upaya Timnas Indonesia untuk membobol gawang Singapura akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-11.

Witan Sulaiman yang menusuk di sisi kiri pertahanan Singapura mengirim umpan mendatar yang langsung disambut sontekan Ezra Walian.

Meski sudah unggul, Timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Ancaman terus ditebar Ricky Kambuaya dan kawan-kawan ke pertahanan Singapura.

Namun, pada penghujung pertandingan, Singapura mendapat hadiah tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Indonesia.

Protes keras yang dilakukan pemain Indonesia sempat memicu keributan antarpemain hingga pemain Singapura bernama Safuwan Baharudin dihukum kartu merah.

Akan tetapi, Singapura berhasil memanfaatkan kesempatan tendangan bebas itu menjadi gol. Sempat terjadi kemelut di depan gawang Indonesia, Song Ui-young menyambar bola liar dengan sepakan keras mendatar yang menggetarkan gawang Indonesia. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia semakin dominan berkat unggul jumlah pemain. Beberapa kali ancaman ke gawang Singapura diciptakan Ramai Rumakiek dan Witan Sulaiman.

Singapura semakin terpuruk ketika Irfan Fandi dihukum kartu merah setelah melanggar satu pemain Indonesia pada menit ke-67.

Walau hanya bermain dengan 9 pemain, Singapura tak mengendurkan tekanan. Gol pembalik kedudukan bagi Singapura pun lahir pada menit ke-74 lewat tendangan bebas yang dieksekusi Shahdan Sulaiman.

Indonesia yang tersentak dengan gol itu lebih intens melancarkan serangan. Namun, Singapura sama sekali tidak kendur. Shahdan Sulaiman bahkan hampir membobol gawang Indonesia untuk yang kedua kali lewat tendangan bebas. Beruntung, kiper Indonesia, Nadeo, mampu menghalau bola sepakannya.

Upaya Indonesia menyamakan kedudukan akhirnya berbuah pada menit ke-87 melalui gol yang diciptakan Pratama Arhan.

Pada menit ke-90, Singapura mendapat hadiah penalti. Namun, pemain bernomor punggung 10 yang mengekseksuinya gagal menjebol gawang Indonesia setelah tembakannya ditepis Nadeo.

Kedudukan imbang 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Indonesia langsung tancap gas begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya perpanjangan waktu.

Tak perlu waktu lama, Indonesia langsung unggul pada menit ke-91. Egy Maulana Vikri yang melakukan aksi individu sukses melewati beberapa pemain bertahan Singapura. Egy kemudian menembak bola ke sisi kanan gawang Singapura. Satu pemain bertahan Singapuar yang panik tak sengaja mendorong bola ke gawang sendiri sehingga tercipta gol bunuh diri. Indonesia unggul 3-2 atas Singapura.

Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-107 melalui Egy Maulana Vikri setelah memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti Singapura.

Keunggulan 4-2 Indonesia bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF.

Nantinya, di final, Indonesia akan melawan pemenang partai semifinal lainnya yang mempertemukan Thailand dan Vietnam. Laga leg kedua semifinal tersebut digelar pada Minggu (26/12). Pada leg pertama, Thailand menang 2-0.

Susunan Pemain:
Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Pratama Arhan, Rizky Ridho (65′, Elkan Baggott), Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga (107′, Alfeandra Dewangga), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (94′, Evan Dimas), Ricky Kambuaya (66′, Egy Maulana), Ramai Rumakiek (65′, Irfan Jaya), Witan Sulaeman, Ezra Walian (54′, Hanis Saghara).

Singapura: Hassan Sunny-pg, Nur Adam Abdullah (105′, Tajeli Salamat), Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulqarnen Suzliman, Hami Syahin (60′, Shawal Anuar), Song Ui-young (71′, Amirul Adli), Shahdan Sulaiman, Hariss Harun (kapten), Hafiz Nor (60′, Fariz Ramli), Amy Recha (60′, Ikhsan Fandi). ***

Pos terkait

Google News