Ini Imbauan Seorang Dokter di Tolitoli yang Terjangkit Covid-19

  • Whatsapp
Ketua IDI Cabang Tolitoli, dr. Moh. Sofyan, Sp.B, FICS. [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 667
    Shares

Tolitoli, JurnalNews.id – Salah seorang dokter yang menangani pasien Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yakni dr. H. Mansyur terkonfirmasi positif terjangkit Virus Corona berdasarkan pemeriksaan swab yang diumumkan, pada Selasa (12/5/2020).

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tolitoli, dr. Moh. Sofyan, Sp.B, FICS menyebutkan, semua dokter anggota IDI Cabang Tolitoli yang terlibat aktif dalam penanganan covid-19 telah melaksanakan tugas screening, survaillance, penanganan klinis pada masa pandemi covid-19 di Puskesmas dan Rumah Sakit, sesuai kompetensi dan keahlian di bidang masing-masing.

Baca Juga

“Pengurus IDI Cabang Tolitoli prihatin, karena salah saorang anggota kami konfirmasi positif berdasarkan hasil swab,” kata dr. Moh. Sofyan, dalam keterangan tertulis, Rabu (13/5/2020).

Namun sampai saat ini tambah Sofyan, regulasi mengatur bahwa data pasien covid-19 tidak bisa dibuka ke publik, kecuali atas persetujuan dari pasien dan pernyataannya bersedia disampaikan ke publik.

“Alhamdulillah beliau keadaannya sampai saat ini baik. Setelah kami melakukan komunikasi dengan beliau, via telp, untuk kepentingan tracing, beliau menyampaikan pernyataan dan agar disampaikan ke Masyarakat Kabupaten Tolitoli,” jelasnya.

Berikut pernyataan dr. H. Mansyur yang terkonfirmasi positif Corona melalui Ketua IDI Cabang Tolitoli, Rabu (13/5/2020).

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas Rahmat dan Inayahnya sehingga sampai hari ini masih tetap sehat walafiat.

Sebagaiman teman-teman semua sudah mendengar atau membaca, bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2020 dan hasilnya diumumkan pada tanggal 12 Mei 2020, dinyatakan hasilnya Positif 4 orang. Salah satu dari 4 orang itu adalah saya.

Berita ini tentu sangat berat dan sangat memukul bagi saya apalagi keluarga saya, tapi itulah kenyataan yang saya harus terima. Saya sekarang berstatus penderita Covid-19 yang dapat menularkan virus Covid-19 kepada setiap orang yang kontak langsung.

Sore itu, Jumat 8 Mei 2020 saya tidak sakit atau gejala sakit, saya mendapat informasi, bahwa sore itu ada pemeriksaan swab untuk dokter-dokter. Jadi saya pun minta ikut diperiksa dan hasilnya di luar perkiraan saya.

Untuk itu kepada teman-teman semua; kepada masyarakat Tolitoli dan sekitarnya yang pernah kontak langsung dengan saya, pada kesempatan ini saya mohon maaf beribu maaf, karena akibat kontak langsung dengan saya, maka teman-teman, bapak/ibu harus diperiksa oleh petugas kesehatan, jangan sampai tertular Covid-19.

Dan saya juga menghimbau kepada teman-teman, bapak/ibu yang pernah kontak langsung dengan saya dan belum dihubungi oleh petugas kesehatan, kiranya dapat secara sukarela melaporkan diri ke petugas kesehatan.

Demikian penyampaian dari saya dan saya bersama keluarga minta keikhlasan teman-teman semua untuk mendoakan kapada Allah SWT, agar saya bersama keluarga diberikan kekuatan dan kesehatan sehingga bisa bebas dari virus Covid-19. Wassalam.

“Demikian penyampaian kami, semoga semua pasien konfirmasi positif Covid-19, ODP dan OTG diberikan kekuatan dan kesembuhan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelas dr Sofyan.

“Kepada dr. H. Mansyur dan Keluarga mari kita doakan agar senantiasa diberikan ketabahan, dan kesembuhan oleh Allah SWT. Aamiin YRA,” tambahnya.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli, kami mengimbau agar tetap disiplin pada protokol Kesehatan yang dianjurkan Pemerintah. Semoga kita semua dapat melewati Pandemi ini,” tutup Ketua IDI Cabang Tolitoli. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona
Editor: Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News