Ini Syarat dan Tahapan Pendaftaran Balon Kepala Daerah di Partai Gerindra Sulteng

  • Whatsapp
Sekertaris Bansel DPD Partai Gerindra Sulteng, Sony Lahati. [Ist]

Palu, JurnalNews.id – Badan Seleksi (Bansel) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengeluarkan surat instruksi pembentukan Bansel di 8 kabupaten/kota se Sulteng, untuk membuka pendaftaran bakal calon (Balon) bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota, yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020.

Sedangkan untuk pendaftaran balon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub 2020, DPD Gerindra Sulteng belum memastikan kapan dimulainya pendaftaran.

Baca Juga

Pengambilan Formulir atau berkas pendaftaran akan berlangsung pada 17-25 September 2019. Sedangkan penyerahan atau pengembalian berkas akan berlangsung pada 26- 30 September 2019.

“Pendaftaran Balon bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota akan dimulai pada Minggu ketiga September sampai 30 September 2019. Sedangkan untuk pendaftaran balon Pilgub masih menunggu perintah Ketua DPD Gerindra Sulteng,” ungkap Sekertaris Bansel DPD Partai Gerindra Sulteng, Sony Lahati, di Palu, Rabu (11/9/2019).

“Oktober sudah pemasukan berkas, kemudian tahap pemaparan visi – misi oleh para bakal calon,” tambahnya.

Ia mengungkapkan, persyaratan utama Balon yang diajukan, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto copy Ijazah Terakhir, Curriculum Vitae (CV) dan visi-misi.

Sony menyebutkan, para Balon diimbau membawa persyaratan tersebut ke masing-masing Bansel DPC kabupaten dan kota yang akan dibuka. Lalu, 2 sampai 5 Oktober pemeriksaan berkas.

“Pengembalian berkas itu Oktober. Kemudian akan diundang wawancara untuk pemaran visi-misi 12 sampai 20 Oktober,” katanya.

Sonny menyampaikan, 27 Oktober rapat Bansel provinsi, kabupaten, dan kota penetapan nama-nama Balon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota.

Kemudian, 4 sampai 8 November Bansel DPC kabupaten dan kota menyerahkan nama Balon ke Bansel DPD Gerindra. Dan 13 sampai 17 November Bansel DPD menggelar rapat untuk penyerahan usulan nama-nama Balon ke DPD Partai Gerindra Sulteng untuk diusung menjadi calon dari partai. [***]

Penulis; Bob Shinoda
Editor; Sutrisno

Pos terkait