Ini Syarat yang Perlu Diketahui Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Vaksin Covid-19. | Ilustrasi: iStockphoto/licsiren
Bagikan Artikel Ini
  • 33
    Dibagikan

JurnalNews – Pemerintah mulai melaksanakan program vaksinasi Covid-19, pada Rabu 13 Januari 2021. Pelaksanaan vaksinasi ditandai dengan pemberian suntikan dosis pertama terhadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Vaksin perdana untuk Jokowi diberikan secara langsung oleh perwakilan tim dokter kepresidenan, ahli penyakit dalam, Profesor Abdul Muthalib.

Lihat Juga

Pada dasarnya, vaksin bekerja dengan melatih sistem kekebalan untuk mengenali dan memerangi patogen, baik virus maupun bakteri.

Namun, sembarang melakukan vaksinasi, hasil yang didapat bisa tidak maksimal.

Berikut beberapa syarat terkait kondisi tubuh yang harus dipersiapkan jelang vaksinasi.

1. Tubuh Sehat
Vaksinasi merupakan proses pemberian produk biologis untuk merangsang respons kekebalan tubuh. Karena berupa produk biologis dan efek yang diharapkan berupa respons kekebalan, maka syarat utama orang yang menerima vaksin adalah tubuh dalam kondisi sehat.

“Jadi secara umum, vaksin kita berikan ke anak yang sehat. Ini berlaku juga pada orang dewasa,” kata Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI), Profesor Hindra Irawan Satari, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, saat vaksin diberikan pada orang yang bertubuh sehat maka, respons kekebalan bisa optimal sesuai harapan.

Berita Terkait

Google News