Italia Umumkan Negaranya Sudah Bebas Covid-19

  • Whatsapp
Warga Italia mulai melepas masker setelah pemerintah negara itu menyatakan sudah bebas dari penyebaran Covid-19. | Foto: PMJ News
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Pemerintah Italia mengumumkan bahwa seluruh wilayah negaranya telah menjadi zona hijau atau bebas dari penyebaran wabah Covid-19, pada Senin 28 Juni 2021.

Karenanya, pemerintah Italia mengizinkan warganya untuk melepas masker di area publik.

Baca Juga

Situs Euro News melaporkan pengumuman ini terbilang bersejarah. Alasannya, Italia merupakan negara pertama di Eropa yang terkena pandemi Covid-19 pada Februari 2020, dan sempat mengalami darurat Covid-19.

Kementerian Kesehatan Italia melaporkan, untuk pertama kalinya mengklasifikasikan semua wilayah negara sebagai “putih”, yang menandakan resiko rendah Covid-19.

Klasifikasi tersebut juga berarti penggunaan masker tidak lagi diwajibkan bagi seluruh warga saat berada di area publik.

Adapun kabar gembira itu datang saat negara tersebut menyambut gelombang panas yang diperkirakan akan mencapai suhu 40 derajat celcius di beberapa wilayah selatan minggu ini.

Penurunan Kematian Covid-19
Pernah menjadi simbol krisis virus Covid-19 di Eropa, Italia mengalami penurunan infeksi dan kematian Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, sepertiga penduduk Italia di atas usia 12 tahun sudah divaksinasi pada Minggu. Menurut data pemerintah, masyarakat yang sudah divaksinasi mencapai 17.572.505 orang.

Lama dilarang memasuki negara Italia, turis dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang sekarang mulai berdatangan setelah pemerintah menghapus persyaratan karantina bagi pengunjung yang sudah divaksinasi, atau mereka yang hasil tesnya negatif.

Walaupun ada kemajuan, Menkes Italia Roberto Speranza mendesak warganya untuk tetap mewaspadai Covid-19.

“Ini hasil yang menggembirakan, tetapi kehati-hatian dan kewaspadaan masih diperlukan. Terutama karena ada varian baru,” tutur Speranza.

“Pertempuran belum dimenangkan oleh kita,” sambungnya.

Sekadar informasi, di Italia, lebih dari 127 ribu orang telah meninggal karena Covid-19. Sedangkan, lebih dari 4 juta orang telah terinfeksi virus itu.***

Berita Terkait

Google News