Jelang Pilkada, Panwaslu Ingatkan Bupati Donggala Agar Tidak Mutasi ASN

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Donggala mengingatkan bupati Donggala, Kasman Lassa, bila ingin maju kembali sebagai calon Bupati Donggala, agar tidak memutasi Aparatur Sipil Negara (ASN), paling tidak enam bulan sebelum pemungutan suara Pilkada Donggala 2018 mendatang.

Karena hal itu bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, sebagaimana diubah menjadi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Baca Juga

Pasal 71 ayat 2 UU itu disebutkan, Gubernur atau wakil Gubernur, Bupati atau wakil Bupati, Walikota atau wakil Walikota, dilarang melakukan penggantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Ketua Panwaslu Kabupaten Donggala, Moh Fikri, menegaskan, bila hal itu tetap dilakukan oleh bupati Kasman Lassa, Penyelenggara Pilkada akan mengeluarkan sanksi tegas. Salah satunya diskualifikasi yang bersangkutan dalam Pilkada Donggala.

“Mengganti, memutasi, atau apapun sebutannya, itu dilarang. Itu sudah salah. Nah kalau salah sudah, pasti ada sanksinya. Bisa diskualifikasi,” kata Fikri, di Donggala, Rabu (4/10/2017) sore.

Selain larangan pengantian pejabat, pada ayat 3 UU itu juga disebutkan, petahana dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan, yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon, sampai penetapan pasangan calon terpilih.

Fikri mencontohkan kasus bupati Jayapura, Matheus Awitauw. Matheus digugat di Bawaslu RI karena mengganti salah satu pejabat jelang pelaksanaan Pilkada. Kasus itu menjadi kasus Nasional. Fikri berharap agar kasus bupati Jayapura tidak terjadi di Kabupaten Donggala.

“Kasus bupati Jayapura menjadi pelajaran bagi kita. Saya berharap, semua pihak menghormati, taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan,” tukasnya.[***]

Rep; Jose Rizal
Red; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News