Jokowi Resmi Buka PON XX Papua, DKI Jakarta Raih 28 Emas, 8 Provinsi Masih NOL

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo secara resmi membuka PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu 2 Oktober 2021. /Antara/infopublik
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan mengungkapkan kebanggaannya kepada Papua.

“Perasaan saya dan perasasan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON Keduapuluh, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” kata Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu malam.

Baca Juga

Presiden Jokowi yang mengenakan jaket PON Papua menyapa penonton di stadion dalam bahasa setempat “Huwe foi (selamat malam), onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga”.

Salam ini disambut teriakan penonton yang memenuhi 25 persen dari total kapasitas 40 ribu kursi penonton.

“Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” sambung Jokowi.

Presiden Jokowi menyebut PON Papua mempunyai makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“PON ini adalah panggung persatuan, pangung kebersamaan, panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambah Presiden Jokowi.

Perolehan Medali
Sementara itu, sebanyak 26 provinsi telah meraih medali setelah tampil di sejumlah cabang olahraga (cabor) yang telah dipertandingkan.

Hingga Sabtu Oktober 2021, Pukul 19.10 WIB, posisi puncak klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua masih dikuasai Provinsi DKI Jakarta dengan 28 medali emas, 15 medali erak dan 20 medali perunggu.

Posisi kedua ditempati tuan rumah provinsi Papua dengan 17 medali emas, 5 medali perak, 13 medali perunggu.

Posisi ketiga masih ditempati Jawa Barat, dengan perolehan 11 medali emas, 15 medali perak, 25 perunggu, dengan total 51 perolehan medali.

Sedangkan Jawa Timur menempati posisi ke empat dengan perolehan 11 medali emas, 15 medali perak, 8 medali perunggu.

Jika sehari sebelumnya terdapat 9 provinsi yang masih nihil medali, kini tersisa 8 provinsi yang belum mendapat medali, setelah Provinsi Sulut berhasil pecah telur dengan memperoleh perunggu.

Sementara 8 provinsi yang masih nihil medali adalah Babel, Bengkulu, Gorontalo, Kaltara, Kepri, Lampung, Maluku dan Provinsi Sulteng. ***

Berita Terkait

Google News