Jumpa Juventus, Ingatkan Zidane pada Final Champion 1998

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Bersama Alessandro Del Piero dan Filippo Inzaghi, Zinedine Zidane memperkuat Juventus pada saat final Champion pada musim 1997/1998 di Amsterdam Belanda. Zidane adalah sosok gelandang serang kreatif yang menjadikan Juventus mendominasi liga Italia. Formasi 3-4-3 yang diterapkan Marcelo Lippi dan para pemain berkelasnya sangat kuat.

Final yang berjalan sangat ketat itu dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor tipis, 1-0. Pada menit ke-67, Predrag Mijatovic, striker Los Blancos, berhasil menyarangkan bola ke gawang Angelo Peruzzi memanfaatkan sepakan keras Roberto Carlos yang membentur pemain lawan. Hingga akhir laga, Juventus tak bisa menyeimbangkan posisi. Disiplinnya barisan pertahanan Real Madrid yang digalang Roberto Carlos dkk, sempat membuat barisan penyerang Juventus sedikit frustasi. Formasi 3-4-3 Juventus tak bisa menusuk formasi 4-4-2 berlian ala Real Madrid.

Baca Juga

Sebagai bagian dari skuad Juventus, Zidane yang membela sejak 1996-2001 itu memang pernah mengakui bahwa Juventus memberikan banyak kenangan terhadap dirinya, juga pengaruh gaya melatihnya. Selebihnya, pengaruh datang dari pengalaman di Real Madrid.

Namun, sekarang adalah dua hal berbeda bagi Zidane. Ia melatih Real Madrid untuk memenangkan piala Champion. Meski ingatan itu penting dan getir, namun karir moncer Zidane berawal dari Juventus.

“Melawan Juventus, itu akan jadi laga spesial untuk saya. Mereka adalah klub yang dulu sangat penting bagi saya dalam berkarir sebagai pemain,” kata Zidane sebagaimana dilansir dari situs UEFA.

Tak bisa dipungkiri, kedua klub memberikan segalanya bagi Zidane. Namun sebagai pelatih Real Madrid sekarang, secara realistis Zidane memperjuangkan klub yang dilatihnya.

“Mereka memberikan segalanya. Tapi ini adalah final dan saya adalah manajer Real Madrid, klub terpenting dalam hidup saya. Ini akan menjadi final yang menyenangkan,” ujar Zidane.

Real Madrid melaju ke final, meski kalah pada laga dengan klub sekota, Athletico Madrid di Stadion Calderon pada Kamis (11/5/2017) dinihari WIB. Skuad asuhan Diego Simeone itu memenangi laga 2-1, namun kalah agregat 2:4. Pada leg pertama di kandang Real Madrid dua pekan sebelumnya, pasukan Zinedin Zidane menang 3 gol tanpa balas.

Cristiano Ronaldo dkk akan bertemu dengan lawan tangguh Juventus di Cardiff, Inggris pada 3 Juni mendatang. Laga ini diprediksi bakal menarik perhatian sangat besar mengingat kedua klub telah sering berjumpa dalam laga-laga di liga Champions. [***]

 

Source; Jurnas

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News