Kadinkes Sulteng: RSUD Rujukan Prioritas ODP dan PDP Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dr. Reny Lamadjido. [SultengNews]
Bagikan Artikel Ini
  • 43
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dr. Reny A. Lamadjido, meluruskan kabar terkait ditolaknya pasien asal Pasangkayu Sulawesi Barat (Sulbar) yang terduga Covid-19 oleh pihak salah satu rumah sakit di Palu.

“Padahal yang sebenarnya adalah pihak RS meminta mereka pulang ke daerahnya, karena gejala atau sakit yang dialami belum mengarah ke situ (covid-19),” katanya yang dirilis melalui tim Pusdatina Covid – 19 Provinsi, Kamis (26/3/2020).

Baca Juga

 

Lalu semestinya mereka berobat dulu di RS setempat, yang telah ditetapkan sebagai rujukan penanganan Covid-19 oleh Pemda Pasangkayu bukan malah menyeberang ke Palu.

Ditambah lagi ujar Reny, kapasitas RSUD rujukan Covid-19 di Palu juga sangat terbatas, sedangkan yang jadi prioritas penanganan adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PD dalam daerah, bukan dari luar Sulteng.

“Kalau bisa dirawat dulu di situ, kan belum ada pasti yang positif,” ujar Reny via telepon kepada pihak gugus tugas Covid-19. [***]

Penulis: Bob Shinoda

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News