Kapolda Sulteng Resmi Kenakan Bintang Dua

Kapolda Sulteng Irjend Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto bersama istri. [Humas Polda]
Bagikan Artikel Ini
  • 230
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Peningkatan typologi Polda Sulteng dari tipe B menjadi tipe A yang diresmikan oleh Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si pada 15 November 2019 lalu, secara otomatis juga mempengaruhi kepangkatan yang disandang oleh Kapoldanya.

Jika sebelumnya Kapolda Sulteng dijabat Perwira Tinggi Bintang Satu atau Brigadir Jenderal (Brigjend) Polisi, saat ini harus dijabat oleh Perwira Tinggi Bintang Dua atau Inspektur Jenderal (Irjend) Polisi.

Baca Juga:

Kenaikan pangkat Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 110/Polri/Tahun 2019 tanggal 20 November 2019 tentang Kenaikan Pangkat ke dan dalam golongan Perwira Tinggi Polri.

Terkait hal tersebut, Kapolda Irjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si melaporkan kenaikan pangkatnya kepada Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, di Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Korps Raport 37 Pati termasuk Kapolda Sulteng yang didampingi istri itu dilaksanakan di Aula Bareskrim Polri Gedung Awaloedin Djamin, dengan disaksikan oleh Wakapolri dan seluruh Pejabat Utama Mabes Polri.

Sebelumnya, Kapolda Sulteng bersama para Perwira Tinggi yang melaksanakan Korps Raport tersebut, telah mendapat arahan Presiden RepubIik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (20/11/2019) siang.

Usai pelaksanaan Korps Raport Kenaikan Pangkat, Irjend Pol Lukman Wahyu, memgaku sangat bersyukur bisa menyandang pangkat bintang dua.

“Tiada kata yang indah kecuali mengucapkan Syukur kepada Allah SWT atas anugerah yang telah diberikan,” ucap Lukman, usai Korps Raport Kenaikan Pangkat.

Loading…

Inspektur Jenderal Polisi Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si menjadi Kapolda Sulteng pertama setelah Polda Sulteng menjadi Polda tipe A.

Prestasi yang dicapai Kapolda Sulteng bukanlah penghargaan yang diberikan oleh pimpinan Polri jelang akhir purna tugasnya pada bulan Februari 2020 mendatang.

Pangkat Irjen Pol yang diraihnya merupakan berkat kerja keras, kedisiplinan, dan dedikasi yang luar biasa yang diberikan untuk Polri, bangsa dan negara sejak lulus Akpol tahun 1985 itu.

Mantan Kapolda Sulbar itu juga dikenal sebagai Jenderal yang aktif terjun langsung dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi baik dalam tugas operasi kepolisian, tugas pokok Polri bahkan untuk urusan kebersihan lingkungan Mapolda Sulteng pun Kapolda Sulteng tidak sungkan turun tangan langsung bersama bawahannya.

Prestasi Kapolda Sulteng tidak hanya ketika menjabat sebagai Kapolda Sulteng, melainkan ketika menjabat sebagai Wakapolda Kaltim yang turut berperan aktif dalam memulihkan situasi dan kondisi Sulawesi Tengah pasca terjadinya bencana alam gempa, tsunami dan likuifaksi 28 September 2018 lalu.

Dalam Operasi Aman Nusa, Irjen Pol Drs Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si datang bersama anak buahnya memback up Polda Sulteng dalam menjaga stabilitas keamanan, sekaligus membawa bantuan dan memberikan trauma healing kapada anak-anak korban musibah yang dahsyat itu.

Sebagai Kapolda Sulteng, hampir setiap hari pimpin apel pagi untuk mengecek kekuatan personil sekaligus memberikan arahan kepada seluruh personel Polda Sulteng dengan moto Jujur, Tanggung Jawab dan Peduli” [Humas Polda]

 

 

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA