Kasman: Pelayanan E-KTP Harus Cepat

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi – Bupati Donggala, Kasman Lassa meminta agar pelayanan kependudukan utamanya soal pengurusan E-KTP harus dilakukan dengan cepat. Hal itu ia katakan saat melakukan sidak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rabu (24/1/2018) kemarin.

Kedatangan Kasman Lassa di Dinas Dukcapil memang sengaja tidak disampaikan kepada seluruh pagawai yang berkerja di dinas tersebut. Kasman ingin melihat secara langsung proses pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil karena banyak keluhan dari masyarakat.

Baca Juga

Didampingi Kadis Dukcapil Donggala, Taufik Yotolembah, Asisten I dan Asisiten III. Bupati Kasman Lassa kepada para para staf menekankan agar seluruh pegawai memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Utamanya soal pelayanan administrasi kependudukan, Kalau buat KTP bisa selesai dua hari jangan diulur sampai seminggu, kasihan masyarakat. Kalau diperlambat akibatnya menjadi penilaian buruk. Kita dianggap tidak mampu membantu masyarakat dalam kepengurusan administarsi kependudukan,” ujarnya.

Dia mengakui, lambatnya pengurusan KTP selama ini karena adanya permasalahan di tingkat pusat sehingga berpengaruh ke daerah, utamanya terkait ketidaktersediannya blanko E-KTP. Namun menurut dia, hal itu sudah mulai berangsur pulih, bahkan belanko pun kini sudah tersedia.

“Kalaupun ada kekurangan, daerah akan mengusul kembali ke pusat,” imbuh dia.

Selain itu, Kasman Lassa juga menyoroti soal kinerja pegawai terutama tingkat kehadiran. Dia berharap PHL (pegawai harian lepas), honorer dan ASN harus memahami posisi mereka masing-masing.

“Dinas Dukcapil ini sering disoroti dan dipantau, maka dari itu kita perlu memperlihatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat, untuk PHL harus mampu menempatkan posisinya begitu pula tenaga honorer. Karena selama ini bisa saja terjadi kesalahan dalam berkomunikasi diaanara keduanya,” pungkas Kasman.

Sementara itu Kadis Dukcapil Donggala, Taufik Yotolembah menyampaikan agar seluruh bawahannya dapat melaksanakan seluruh instruksi Bupati Donggala. Taufik menegaskan bahwa seluruh instruksi Bupati Kasman Lassa, wajib untuk dilaksanakan.

“Arahan hari ini wajib untuk segera dilaksanakan, pelayanan maksiamal adalah tujuan akhir kita,” demikian Taufik. [***]

Rep; Jose Rizal/*

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News