Kasman: Peran Semua Pihak Sukseskan Program Pansimas

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan, air sebagai kebutuhan utama kehidupan seharusnya dapat terpenuhi secara kuantitas, kualitas, terjangkau, dan kontinyu.

Hal tersebut ia sampaikan saat serah terima Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasisi Masyarakat (PAMSIMAS) Se-Kabupaten Donggala Tahun anggaran 2017, yang dipusatkan di Dusun Tolo, Desa Tasiburi, Kecamatan Banawa, Senin (22/1/2018).

Baca Juga

Namun urai Kasman, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan air bersih yang layak, terutama masyarakat berpenghasilan rendah di perdesaan dan pinggiran kota. Dengan adanya program Pansimas, diharapkan kebutuhan akan air minum bisa menjangkau masyarakat yang berpenghasilan rendah tersebut.

“Program Pansimas ini adalah salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan dan pinggiran kota melalui pendekatan berbasis masyarakat,” ujarnya.

Kasman menambahkan, saat ini capaian akses air minum masih sekitar 69% dan capaian akses sanitasi baru mencapai 71,53 % artinya masih dibutuhkan tambahan 28,47%. Pemerintah daerah akan terus berupaya untuk mencapai target Nasional 100% ditahun 2019.

Dia menekankan, melalui acara penyerahan hasil kegiatan Pansimas tahun Anggaran 2017 agar peranan strategis pemerintah desa, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS) dalam pelaksanaan perlu ditingkatkan.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Sofyan Rauf menyampaikan, kegiatan serah terima merupakan bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sudah selesai dilakukan oleh KKM dan SATLAK baik secara administrasi maupun fisik.

“Kegiatan ini sebagai wujud dari pertanggung jawaban kegiatan Program Pansimas yang dilaksanakan oleh masyarakat melalui KKM (Kelompok Keswadaya Masyarakat, SATLAK, dan BP-SPAMS). Semua ini berkat kerja sama dari semua unsur baik pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, masyarakat, maupun pendamping program,” kata Sofyan.

Jumlah desa sasaran program Pansimas ini sejumlah 14 desa. 8 desa melalui pembiayaan APBN, 2 desa pembiyaan APBD dan 4 desa hibah air minum tersebar di 7 Kecamatan di Kabupaten Donggala.

Sofyan menuturkan, menunjuk desa Loli Tasiburi, Kecamatan Banawa, sebagai pusat kegiatan serah terima karena partisipasi masyarakat dan pemerintah desa sangat tinggi. Desa Loli Tasiburi merupakan desa tercepat penyelesaian kegiatan.

Serah terima secara simbolisi diserahkan oleh Kepala Satker PIP H. Syafrullah Lukman kepada KKM Desa Loli Tasiburi, Rusman Bou. Dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara serah terima Pengelola SPAM oleh Koordinator KKM Simporoa, Rusman Bou Kepada Ketua BP, SPAMS, Muhlis Pendamping Fasilitator Senior Andi Mu’min ST, Kepala Desa Loli Tasiburi, Suaib, Fasilitator Masyarakat Pemberdayaan Ulfa, dan Monalisa. [***]

Rep; Jose Rizal

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News