Kejari Tolitoli Musnahkan Babuk 90 Perkara Tahun 2019

Kejari Tolitoli memusnahkan Babuk narkotika dan tindak pidana umum lainnya, di halaman Kantor Kejari Tolitoli, Selasa (31/3/2020). [R. Manggona]
Bagikan Artikel Ini
  • 87
    Shares

Tolitoli, JurnalNews.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli, memusnahkan Barang Bukti (Babuk) narkotika dan tindak pidana umum lainnya, dari 90 perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, sejak Januari 2019 sampai Februari 2020.

Pemusnahan babuk yang berlangsung di halaman Kantor Kejari Tolitoli, Selasa (31/3/2020) itu terdiri dari 63 kasus narkotika jenis sabu-sabu dan 27 perkara pidana umum lainnya.

Baca Juga:

 

Narkotika yang dimusnahkan kali ini sebanyak 447 gram sabu dan 1.783 obat-obatan psikotropika jenis THD, serta sejumlah babuk tindak pidana umum lainnya.

“Pemusnahan babuk ini karena kasusnya sudah inkrah dan mempunyai kekuatan hukum tetap, sejak Januari 2019 sampai Pebruari 2020,” Kata Kajari Totoli Dedi Kurniawan, SH melalui Kasi Pidum Kejari Tolitoli Jusri Husen, SH.

Jusri menjelaskan, pemusnahan untuk jenis narkotika jenis sabu-sabu dengan obat obatan, dilakukan dengan cara dimasukan ke dalam panci dengan cara dibakar di dalam panci dengan air keras dan soda api, kemudian diaduk sampai rata. Setelah itu dimasukan ke dalam tanah yang sudah disiapkan agar tidak dapat digunakan kembali.

Sementara untuk babuk pidana umum lainnya di musnahkan dengan cara dibakar.

“Pemusnahan babuk ini kita gunakan dua cara, yakni untuk narkotika dengan cara dimasukan ke dalam panci dicampur dengan air keras dan soda api kemudian dimasukan ke dalam tanah, dan cara kedua untuk babuk pidana umum lainnya dengan cara di bakar, ” jelasnya.

Selain pemusnahan babuk yang perkaranya ditangani oleh Kejari Tolitoli, kata Kasi Pidum, ada juga babuk narkotikan jenis sabu yang di tangani Kacabjari Laulalang seberat 3,4 gram.

“Babuk narkotika jenis sabu yang perkaranya ditangani Kacab Laulalang juga ikut dimusnahkan,” ungkapnya.

Pemusnahan babuk yang dipimpin langsung Kajari Tolitoli, yang dihadiri Kasi Intel Kejari Tolitoli, Hazairin SH, dan sejumlah Kacabjari yang ada di wilayah hukum Kejari Tolitoli. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona

loading...

Berita Lainnya

Google News