KEK Palu Bakal Diresmikan Agustus Ini

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jakarta, Jurnalsulawesi.com – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu direncanakan bakal diresmikan dalam Agustus 2017. Peresmian ini akan dilakukan bersamaan dengan KEK Mandalika.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, dua KEK itu adalah KEK yang betul-betul siap diresmikan pada bulan ini yang diharapkan dapat diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga

“Mudah-mudahan, akhir bulan ini bisa diresmikan, dan mudah-mudahan bapak Presiden ada waktu untuk meresmikannya,” kata Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Dikutip dari Viva.co.id, selain dua KEK tersebut, pemerintah juga tengah menyiapkan beberapa daerah untuk pembangunan KEK lainnya. Di antara yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah KEK Bintan dan KEK Karimun yang sedang dalam proses penyusunan dan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP)-nya.

Tak hanya itu, pemerintah juga tengah menyiapkan peraturan pemerintah untuk penetapan Lhokseumawe sebagai KEK.
“Bintan dan Karimun juga akan menjadi KEK. Kita juga sedang dalam proses untuk PP-nya KEK Lhokseumawe. Kalau Tanjung Api-api, di Palembang Sumatera Selatan itu mungkin masih ada beberapa hal yang menyangkut lahan,” ujar dia.

Darmin pun mengatakan, ada tiga agenda utama KEK, yaitu percepatan pembangunan, terutama di luar Jawa, pengurangan kesenjangan antar dan inter wilayah, dan daya saing ekonomi melalui nilai tambah dan rantai nilai atas bahan mentah atau sumber daya alam nasional.

Sejak 2012, diketahui pemerintah telah menetapkan 11 wilayah KEK. Dari sebelas KEK yang ditetapkan itu, tujuh di antaranya bertema manufaktur, dan empat lainnya, kepariwisataan. Dua di antaranya yang telah beroperasi adalah KEK Sei Mangkei yang bertema industri pada 2015 dan KEK Tanjung Lesung yang berbasis kepariwisataan, yang juga beroperasi pada 2015. [Vvn]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News