Kepala BNPB Minta Semua Pihak Sikapi Informasi BMKG untuk Mitigasi Bencana

  • Whatsapp
Kepala BNPB, Doni Monardo.
Bagikan Artikel Ini
  • 105
    Dibagikan

Jakarta, JurnalNews.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, minta seluruh pemangku kebijakan di wilayah masing-masing dan masyarakat untuk memperhatikan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hal itu disampikannya seiring datangnya musim hujan, untuk mengingatkan seluruh pihak agar mengambil pelajaran dari peristiwa banjir dan tanah longsor yang melanda kawasan Jabodetabek dan Lebak, Banten, pada awal tahun ini.

Lihat Juga

Mantan Danjen Kopasus ini mengingatkan, mitigasi harus dilakukan sebelum bencana terjadi.

“Kami berharap informasi dari¬†BMKG jauh-jauh hari harus disikapi dengan sangat serius dan sungguh-sungguh,” ujar Doni Monardo yang dikutip dari keterangan pers BNPB, Selasa (1/12/2020).

Doni menjelaskan, jika langkah mitigasi dan pencegahan dilakukan dengan baik, tidak akan ada korban jiwa dan harta benda. “Bisa menyelamatkan jiwa manusia,” ucapnya.

Dia mengingatkan kembali pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyatakan keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. “Pelayanan publik yang baik, ketika negara hadir dan pemerintah beserta pejabatnya mampu melindungi jiwa masyarakat,” tuturnya.

BNPB meminta kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (pemda) untuk rutin melakukan simulasi mitigasi dan penanggulangan bencana banjir. Salah satu bentuknya, Tactical Floor Game (TFG).

“Manajemen tentang masalah penanggulangan bencana, khususnya, banjir ini harus secara rutin dilakukan setiap tahun. Setiap tahun kita pasti akan mengalami curah hujan yang tinggi apalagi sudah ada informasi dari BMKG,” pungkasnya. [***]

Berita Terkait

Google News