Khabib Pensiun Setelah Hajar Gaethje di UFC 254, Begini Komentar McGregor

  • Whatsapp
Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254. [AP Photo]
Bagikan Artikel Ini
  • 20
    Dibagikan

JurnalNews.id – Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Keputusan untuk mundur diambil Khabib setelah menang technical submission di ronde kedua atas Gaethje. Ia menyudahi pertarungan lewat teknik triangle choke saat ronde kedua berlangsung 1 menit 36 detik.

Lihat Juga

Khabib mengambil keputusan ini karena merasa tidak mungkin bertarung tanpa didampingi sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal dunia karena sakit jantung dan komplikasi dengan virus corona pada 3 Juli 2020.

“Ini pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah saya. Saat UFC menelpon saya bersama Justin [Gaethje], saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” ujar Khabib seusai pertandingan.

“Saya berjanji padanya ini akan jadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepati janji saya. Ini pertarungan terakhir,” ia melanjutkan.

Duel Khabib vs Gaethje sendiri berjalan imbang di ronde pertama. Kedua petarung tampil hati-hati di awal ronde pertama. Baru 30 detik berselang, kedua bertarung saling berbalas pukulan.

Tendangan Gaethje mengenai telak kaki Khabib. Khabib coba melakukan bantingan tetapi bisa digagalkan Gaethje.

Khabib melakukan tendangan menggunakan lutut yang mengenai kepala Gaethje. Khabib terus dominan setelah momen itu dan menekan Gaethje.

Gaethje melakukan kombinasi pukulan dan tendangan yang sempat membuat Khabib goyah.

Khabib menyergap Gaethje jelang akhir ronde pertama. Upaya Khabib untuk mengunci Gaethje dihentikan oleh bel akhir ronde pertama.

Di ronde kedua, kedua petarung sempat berbalas pukulan. Namun, Khabib lantas bisa menjatuhkan Gaethje dan mengunci Gaethje.

Tak berselang lama, Gaethje lemas tak berdaya dan wasit memutuskan menghentikan pertandingan dengan kemenangan technical submission untuk Khabib. Khabib pun berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan.

Hormat McGregor
Keputusan pensiun yang diumumkan Khabib Nurmagomedov usai menang atas Justin Gaethje di UFC 254 itu langsung mendapat komentar dari rivalnya Conor McGregor.

McGregor langsung memberikan komentar beberapa menit setelah Khabib menyatakan pensiun dari UFC. Dalam akun twitter miliknya, McGregor menunjukkan rasa hormat terhadap rivalnya tersebut.

“Penampilan yang bagus Khabib. Hormat dan rasa duka kembali atas kehilangan ayahmu, untukmu dan keluarga. Dengan hormat, McGregor,” tulis McGregor.

McGregor dan Khabib sempat terlibat dalam perselisihan yang panas jelang UFC 229 pada 2018 lalu. Saat itu McGregor memanaskan suasana pertarungan dengan mengejek Khabib dan keluarganya.

Khabib marah besar atas hal itu dan menganggap duel lawan McGregor lebih dari sekadar pertarungan biasa. Ketika sukses memastikan kemenangan lewat submission, Khabib masih sangat emosional terhadap McGregor.

Khabib bahkan melompati pagar octagon untuk menyerang Dillon Danis usai laga tersebut sehingga kerusuhan besar tercipta karena rekan Khabib juga masuk octagon untuk menghajar McGregor.

Saat Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia, McGregor juga sempat menyampaikan ucapan duka cita pada Khabib lewat akun twitter miliknya.

Khabib sendiri sudah berulang kali menegaskan tidak akan melakukan rematch lawan McGregor, berapa pun besarnya uang yang ditawarkan. Khabib merasa ia sudah menang telak atas McGregor sehingga tak perlu ada pembuktian.

Tak hanya itu, Khabib juga menyatakan tak mau lagi berurusan dengan orang seperti McGregor. [***]

Berita Terkait

Google News