Kisah Tiga Pemuda Desa Meraih Mimpi

Ketiga pemuda desa saat melakukan instalasi pembangkit listrik di Cikarang. [JTO]
Bagikan Artikel Ini
  • 87
    Shares

Oleh: Joko Intarto
Tiga orang desa itu ibarat sedang naik Jet Coaster. Mereka sedang memacu adrenalin untuk meraih mimpi besar melalui proyek pembangunan pembangkit listrik independen bertenaga surya.

Proyek itu menghasilkan daya setara 3MWP (mega watt peak). Untuk ukuran daya listrik, angka itu tidak besar-besar amat. Tetapi untuk pembangkit listrik tenaga surya, angka tersebut sudah lumayan.

Baca Juga

Apalagi pemesannya tiga perusahaan swasta nasional besar. Dua perusahaan farmasi. Satu perusahaan distribusinya. Ketiga perusahaan itu satu grup. Semua berkantor di Cikarang.

Tiga anak muda itu masing-masing adalah Cholis, Ashif, dan Adim. Mereka anak-anak petani yang terpilih masuk ATW Solar sejak masih mahasiswa di PolTek Jember.

Ketiga anak muda tersebut sudah bergabung dengan ATW Solar sejak masih mahasiswa. Setelah lulus, mereka sudah pengalaman menjadi project manager. Awalnya dari instalasi proyek-proyek kecil kelas 0,2 MWP. Kemudian meningkat 1 MWP. Sekarang meningkat lagi menjadi 3 MW.

Loading…

Daya sebesar itu dihasilkan dari 8.570 lembar panel. Masing-masing panel menghasilkan 350 WP. Untuk menyelesaikan instalasi solar panel sebanyak itu, ada 10 alumni Poltek Jember generasi kedua yang dikaryakan.

Maka mimpi ketiga anak desa itu tinggal sejengkal lagi. Bila mereka berhasil menyelesaikan proyek 3MWP di tiga perusahaan raksasa nasional itu, peluang sukses mereka sudah di depan mata. Dengan pengalaman menginstalasi solar panel 3MWP, banyak pekerjaan yang butuh sentuhan mereka.

Renewable energy adalah isu yang akan semakin bergaung di masa depan. Saat sumber-sumber energi konvensional semakin terbatas. Saat kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan semakin baik. Dan saat harga energi konvensional semakin mahal.

Saya pun serasa kejatuhan durian. Tiba-tiba diminta chairman ATW Solar untuk membuat buku. Sebagai apresiasai ATW Solar untuk tiga orang desa yang istimewa itu.

Pikiran saya segera berputar-putar. Membayangkan sebuah corporate book yang humanis. Bercerita tentang mimpi tiga anak petani Jember yang melompat ke industri energi.

Inilah buku kedua yang akan saya kerjakan tahun 2020 dari 12 judul yang saya targetkan. Alhamdulillah.[jto]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA