KNPI Palu Dukung PON XX Papua Ditunda, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Ketua Harian DPD KNPI Palu Randy Pratama Sunusi.
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Palu mendukung penundaan pelaksanaan PON XX Papua 2021.

Pernyataan itu juga sebagai bentuk dukungan terhadap Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama yang meminta agar PON XX Papua 2021 ditunda karena alasan kemanusiaan.

Baca Juga

Permintaan itu ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali.

Ketua Harian DPD KNPI Palu, Randy Pratama Sunusi mengaku khawatir lonjakan kasus Covid-19 terjadi jika PON XX Papua tetap dilaksanakan.

“Kami mengkhawatirkan jika lonjakan kasus justru terjadi saat pelaksanaan PON,” jelasnya kepada media ini pada Senin, 9 Agustus 2021.

Melihat kondisi saat ini, kata Randy pemerintah terus berupaya memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang semakin melonjak.

Ditambah lagi, lonjakan penyebaran Covid-19 varian Delta semakin memprihatinkan dan menyebar ke semua daerah, tidak terkecuali di Tanah Papua, tempat penyelenggaraan pesta olahraga nasional ini akan dilaksanakan.

“Saya tidak habis pikir di tengah kondisi seperti ini, pemerintah tetap menyelenggarakan PON di Papua yang menghabiskan anggaran yang besar,” jelasnya.

Jika tetap dilaksanakan, dikhawatirkan PON XX Papua 2021 akan berpotensi menjadi cluster baru.

Di sisi lain, kondisi ini akan menambah kerja tenaga kesehatan yang sampai hari ini sudah kuwalahan menangani Covid-19.

Lonjakan kasus Covid-19 membuat fasilitas kesehatan tidak mampu menangani situasi yang ada. Bahkan, tidak sedikit tenaga medis kelelahan menangani pasien, bahkan ikut ada korban.

Kendati pemerintah terus menggalakkan vaksinasi, faktanya masih jauh dari harapan dan tidak memungkinkan herd immunity tercapai.

Olehnya itu, Randy Pratama Sunusi meminta kepada pemerintah atas nama kemanusiaan untuk menunda pelaksanaan PON XX Papua.

“Alihkan anggaran PON XX Papua untuk penanganan Covid-19 agar kita segera keluar dari pandemi ini,” jelasya.

Karena penundaan atau pembatalan PON XX Papua 2021 menjadi cara terbaik dalam menahan laju penyebaran virus dan menghindari cluster baru dari tanah Papua.

Apabila pemerintah tetap bersikeras melaksanakan PON XX Papua 2021, Randy Pratama Sunusi mendukung langkah DPP KNPI untuk menggelar aksi.***

Berita Terkait

Google News