KPU Rilis Daftar Bacaleg Ganda Dapil Sulteng

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jurnal Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan daftar bakal calon anggota legislatif DPR RI ganda dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bakal calon anggota legislatif ganda tersebut diketahui oleh sejumlah politisi melalui laman KPU, Jumat (26/4), yang diumumkan sejak Selasa (24/4) melalui laman tersebut.

Baca Juga

Bakal calon anggota legislatif tersebut adalah H Oktavianus Dungga dan Nuriyati Samatan.

Oktovianus terdaftar sebagai bakal caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di nomor urut lima. Dia juga terdaftar di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) nomor urut empat. Namun nama Oktavianus Dungga di Hanura tidak mencantumkan titel.

Sementara Nuriyati Samatan selain terdaftar di Hanura nomor urut enam juga terdaftar di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nomor urut tiga.

Aktivis Lembaga Bantuan Hukum Rakyat (LBHR) Sulawesi Tengah Agus Faisal mengatakan masuknya nama ganda tersebut perlu mendapat perhatian dari organisasi pemantau pemilu dan organisasi prodemokrasi.

Dia mengatakan masuknya nama bakal caleg ganda tersebut menunjukkan adanya gejala lemahnya pengawasan terhadap tahapan pemilu.

Dari daftar bakal caleg DPR RI daerah pemilihan Sulawesi Tengah masih terdapat beberapa nama yang sebelumnya sudah pernah menjadi anggota DPR RI.

Mereka adalah Muhidin Said dari Partai Golkar dengan nomor urut satu. Muhidin adalah legislator senior dari Sulawesi Tengah karena sudah beberapa kali menjadi anggota DPR dan MPR.

Bakal caleg dari Golkar lainnya adalah M Arus Abdul Karim. Sebelumnya Arus juga pernah menjadi anggota MPR.

Sementara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan adalah Rendy M Affandy Lamadjido yang menempati nomor urut dua. Saat ini Rendy masih duduk sebagai anggota DPR RI.

Politisi senior PDIP yang baru akan maju di DPR RI pada Pemilu 2014 adalah Safrun Abdullah. Safrun yang juga Ketua DPD PDIP Sulawesi Tengah itu sebelumnya sudah beberapa periode menjadi anggota DPRD provinsi.

Anggota DPR RI yang juga mencalonkan diri adalah Akbar Zulfakar dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut satu.

Dari Partai Hanura masih bercokol nama Sarifuddin Sudding nomor urut satu yang saat ini masih duduk sebagai Anggota DPR RI.

Sementara dari Partai Demokrat terdapat nama Verna Gladies Merry Inkriwang dengan nomor urut dua. Verna saat ini juga menjabat anggota DPR RI.

Dari Partai Nasdem terdapat nama Faisal Mahmud yang menempati nomor urut empat yang sebelumnya pernah menjadi anggota DP

Nasdem kali ini juga mengusung mantan Gubernur Sulawesi Tengah dua periode Bandjela Paliudju. Paliudju sebelumnya menjabat Ketua Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) Sulawesi Tengah.***

sumber:antarasulteng.com

 

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News