KPU Tolitoli Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

  • Whatsapp
Proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pilkada Serentak 2020, di gedung Labong Boki, Tolitoli, Rabu (25/11/2020). [Foto: Rahmadi Manggona]
Bagikan Artikel Ini
  • 74
    Dibagikan

Tolitoli, JurnalNews.id – Usai merampungkan proses pelipatan dan penyortiran surat suara yang akan digunakan pada Pilkada 9 Desember mendatang, KPU Tolitoli menemukan puluhan surat suara yang rusak.

Kasubag Keuangan dan Logistik KPU Tolitoli, Aswan mengatakan, setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran surat suara yang melibatkan 267 orang, ditemukan surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli sebanyak 17 surat suara, dan 4 surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng (Pilgub Sulteng).

Lihat Juga

“Sudah selesai dilipat dan disortir, ada 17 surat suara yang rusak untuk Cabup Cawabup, serta 4 surat suara untuk Cagub Cawagub Sulteng,” kata Aswan.

Kerusakan surat suara yang kata Aswan, pertama karena sobek, kemudian ada bercak tinta, gambar surat suara buram, serta surat suara yang gambarnya tembus sampai di sebelah kertas atau terbayang.

“Jadi surat suara yang rusak itu dikarenakan karena yang saya sebutkan di atas,” bebernya.

Surat suara yang rusak, lanjut Aswan tidak akan diganti, karena surat suara untuk Cabup Cawabup Tolitoli ada kelebihan sebanyak 1.196 lembar, sementara surat suara untuk Pilgub Sulteng juga ada kelebihan sebanyak 5 lembar.

“Surat suara yang rusak kami tidak ganti, karena ada kelebihan baik surat suara cabup/cawabup maupun cagub/cawagub,” terangnya.

KPU Tolitoli, kata Aswan sudah buatkan berita acara untuk disampaikan ke KPU Propinsi Sulteng. Dalam berita acara dijelaskan bahwa jumlah kebutuhan logistik untuk cagub cawagub 154.013 lembar dari jumlah surat suara yang diterima sebanyak 154.022 lembar, surat suara yang baik sebanyak 154.018 yang rusak 4 lembar.

Sedangkan surat suara untuk Cabup Cawabup sebanyak 154.013 lembar, sementara suara yang diterima sebanyak 155.226, surat suara yang baik 155.209 dan surat suara yang rusak sebanyak 17 lembar.

“Kita sudah buatkan berita acara untuk di sampaikan ke KPU Provinsi Sulteng,” ujarnya. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona

Berita Terkait

Google News