Kronologi Baku Tembak yang Menewaskan Pria Mirip Santoso

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Advertisements
Daftar DPO Kelompok Santoso yang sebagian
telah menyerahkan diri.

Palu, Jurnalsulteng.com – Baku tembak antara Pasukan Operasi Tinombala dengan kelompok orang tak dikenal telah menewaskan dua orang dan salah satunya diduga Santoso di Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Senin (18/7/2016).

(BACA JUGA:
 Baku Tembak di Tambarana, Pria Mirip Santoso Tewas )


Berikut kronologis kontak senjata kelompok Santoso dengan Satgas Yonif 515 Brigif 9 Divif 2, berdasarkan informasi yang diperoleh Jurnalsulteng.com, Selasa (19/7/2016) dini hari.

Baca Juga:


– Sekira pukul 16.00 – 16.30 WITA:

Alfa 29 melaksanakan 3 titik ambush,  4 personel melaksanakan patroli,  kemudian tim patroli melihat gubuk dan mengikuti jejak dari barat.  Kemudian digubuk kedua terlihat OTK mengambil sayur dan ubi untuk menutupi jejak.  Selanjutnya tim patroli alfa 29 melihat jejak kesungai menuju arah utara,  terlihat 3 OTK diseberang sungai dan langsung menghilang.  Kemudian tim patroli alfa 29 melaksanakan patroli kembali dan melaporkan ke dantim alfa 29 (satgas Yonif 515 Brigif 9 Divif 2/K) bahwa melihat pok otk  yang diduga kuat salah satunya santoso sekitar jarak 20-30 meter kemudian anggota melakukan pendekatan dengan senyap.


-Sekira Pukul 17.00 WITA:

Tim Alfa 29 mendekati OTK,  terlihat para OTK sedang duduk dan kemudian terjadi kontak sekira 30 menit.  Alfa 29 kontak dengan 5 OTK di c.o 2027-6511 yang menewaskan 2 OTK. Satu korban tewas memiliki ciri-ciri rambut panjang,  berjenggot, dan bertahi lalat.  Sementara satu OTK lainnya belum bisa dikenali.

Advertisements


– 3 OTK yang melarikan diri

Diantaranya 2 perempuan 1 laki-laki . Untuk dua perempuan melarikan diri kearah barat dari lokasi kontak. Dengan ciri-ciri  1 memakai kerudung bercadar berwarna hitam  dan satu perempuan lagi tidak memakai baju atau telanjang dengan membawa satu pucuk  senjata M16. Sementara satu orang laki-laki melarikan diri kearah selatan dari lokasi kontak


– Satgas membagi tim

Tim dibagi menjadi 2 kelompok.  1 tim terdiri dari 4 personil melaksanakan pengamanan TKP,  jenazah,  dan barang bukti. Sedangkan 1 tim lainnya yang terdiri dari 5 personil  melaksanakan ambush  lanjutan.

Advertisements


– Sekira Pukul 19.00 WITA

Tim memerintahkan tim medis beserta 1 ambulan dibantu tim lainnya untuk melaksanakan evakuasi jenazah dan  membantu pengamanan TKP.

– Dari kejadian kontak  tersebut 2 OTK meninggal dunia dan salah satu dari korban mirip Santoso alias Abu Wardah.

– Dari hasil kontak tembak tersebut di dapatkan 1 Pucuk Senjata, Jenis M16 diduga milik kelompok MIT.(***)


Rep/Red; Sutrisno

Advertisements
Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News