Lima Bahaya Konsumsi Gula Berlebih Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Ilustrasi Gula. | Foto: Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Para ahli kesehatan menyebut konsumsi gula yang dianjurkan dalam satu hari sebanyak 4 sendok makan atau 54 gram per orang per hari. Apabila berlebihan tentu akan gangguan kesehatan Anda.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah resiko dan gangguan kesehatan apabila mengonsumsi gula secara berlebihan setiap hari

Baca Juga

1. Diabetes Tipe 2
Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Sebuah artikel yang diterbitkan di jurnal PLOS One pada 2013 menyebut diet tinggi gula terus-menerus bisa mengakibatkan diabetes tipe 2.

Selama 30 tahun terakhir, prevalensi diabetes meningkat jauh dua kali lipat. Konsumsi gula berlebih dalam jangka waktu panjang akan mendorong resistensi terhadap insulin atau hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur kadar gula darah.

Saat terjadi resistensi insulin, kadar gula naik sehingga timbul risiko diabetes. Diabetes tipe 2 menjadi salah satu bahaya konsumsi gula berlebih.

2. Obesitas
Minuman dengan pemanis seperti soda, jus, dan teh manis mengandung fruktosa atau sejenis gula sederhana. Konsumsi fruktosa sejatinya meningkatkan rasa lapar.

Konsumsi fruktosa berlebihan akan mengakibatkan resistensi terhadap leptin. Leptin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar dan memberitahu tubuh untuk berhenti makan.

Bisa dibayangkan saat Anda terus merasa lapar dan menginginkan makanan dengan glukosa sehingga mengakibatkan berat badan meningkat.

3. Risiko Kanker
Tak hanya diabetes tipe 2 yang patut diwaspadai. Anda pun perlu waspada dengan risiko kanker sebagai bahaya konsumsi gula berlebih.

Saat tubuh diberi banyak asupan gula, timbul inflamasi, stres oksidatif dan obesitas. Faktor-faktor ini mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Annual Review of Nutrition menemukan konsumsi minuman berpemanis meningkatkan risiko kanker 23-200 persen.

4. Penuaan Dini
Kelebihan konsumsi gula akan mengarah pada pembentukan advanced glycation end products (AGEs) yang berperan dalam diabetes juga pembentukan kolagen di kulit. Jumlah AGE tinggi bisa menimbulkan penuaan lebih cepat.

5. Risiko Depresi
Bahaya konsumsi gula berlebih juga berakibat pada risiko depresi. Studi yang memonitor 8 ribu orang selama 22 tahun menunjukkan pria yang mengonsumsi 67 gram gula per hari, punya risiko depresi 23 persen lebih tinggi.

Studi lain pada lebih dari 69ribu wanita menunjukkan mereka yang konsumsi gula tinggi punya risiko depresi lebih tinggi daripada mereka yang asupannya rendah. ***

Berita Terkait

Google News