Maba UMPTKIN IAIN Palu Ikuti Simulai Ujian Elektronik

  • Whatsapp
Suasana simulasi ujian bagi calon mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN, Selasa (23/7/2020). Foto: Humas IAIN Palu]
Bagikan Artikel Ini
  • 36
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Calon mahasiswa baru (Maba) jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai mengikuti simulasi ujian berbasis elektronik.

“Pelaksanaan simulasi ini terbagi dalam tiga sesi,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr H Abidin Djafar, di Palu, Kamis (23/7/2020), terkait dengan ujian Maba UMPTKIN.

Baca Juga

Dr Abidin Djafar mengemukakan simulasi dibagi dalam tiga sesi yaitu sesi pagi, siang dan sore, menggunakan dua ruangan/laboratorium komputer, diikuti calon mahasiswa baru.

Pembagian sesi itu, sebut dia, karena disesuaikan dengan daya dukung sarana prasarana yang tersedia di IAIN Palu pascabencana gempa dan tsunami 28 September 2018 silam.

Advertisements

Olehnya, kata dia, IAIN Palu hanya menyediakan dua ruangan untuk dilakukan simulasi, yang masing-masing ruangan daya tampungnya mencapai 40 peserta.

“Hari ini ada 80 peserta yang mengikuti simulasi ujian masuk, setiap ruangan diisi 40 peserta,” sebutnya.

Dia menerangkan, pada dasarnya simulasi ujian masuk untuk jalur pendaftaran UMPTKIN dilakukan secara online. Dengan begitu calon mahasiswa yang telah mendaftar dan dinyatakan berhak mengikuti simulasi, bisa mengikuti simulasi dari rumah.

Advertisements

Namun, IAIN Palu, sebut dia, tetap berupaya menyediakan sarana prasarana, sebagai bentuk memberikan kemudahan dan membantu calon mahasiswa baru, bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan sarana seperti jaringan internet, komputer/leptop.

“Ini inisatif yang dilakukan oleh IAIN Palu karena mempertimbangkan sarana daya dukung kepada mahasiswa yang akan melakukan simulasi ujian. Karena bisa jadi ada calon mahasiswa yang tidak memiliki internet di rumah, serta tidak memiliki komputer,” ujarnya.

“Namun sebagian calon mahasiswa mengikuti simulasi dari rumah, itu bagi mereka yang memiliki sarana yang lengkap,” ungkapnya.

Dia mengutarakan dalam pelaksanaan simulasi ujian, terdapat 323 calon mahasiswa baru jalur pendafaran UMPTKIN yang mengikuti. Pelaksanaan seleksi sesuai dengan jadwal dari Kementerian Agama, dimulai tanggal 23 – 26 Juli 2020.

“Total pendaftar di IAIN Palu pada jalur pendaftaran UMPTKIN sebanyak 1.151 orang,” ungkap dia. [***]

Advertisements

Editor: Agus Manggona/*

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News