Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan, Obati Sariawan Hingga Tambah Energi

Ilustrasi air Tajin. | Freepik
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Terkadang air rendaman beras atau dikenal dengan air tajin memang tampak keruh yang kotor. Tak heran banyak orang membuangnya karena berpikir bahwa air tersebut tak berguna.

Tapi taukah kamu, di dalam air tajin terdapat banyak nutrisi esensial yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Seperti dikutip dari laman Times Now News, berikut manfaat air tajin bagi kesehatan.

Baca Juga

1. Memperlancar Pencernaan
Air tajin dapat mengatasi masalah pencernaan seperti maag dan juga sembelit. Penyakit maag atau disebut juga gastroentritis disebabakan karena produksi asam lambung yang berlebih.

Air tajin dipercaya dapat menetralkan asam lambung. Sehingga dengan mengkonsumsi air tajin. Masalah lambung seperti maag dapat diatasi. Selain maag, tajin juga dapat mengatasi penyakit pencernaan lain yakni sembelit.

2. Mencegah Timbulnya Kanker
Sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya, kanker merupakan penyakit yang memang harus dimusnahkan. Ahli pengobatan mencari obat kanker baru baik secara kimia maupun alami.

Mengkonsumsi air tajin secara rutin bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sari beras yang terkandung di dalam tajin bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dalam organ tubuh.

3. Mengobati Sariawan
Sariawan memang bukan penyakit berbahaya dan mematikan, namun menderita penyakit sariawan sangat mengganggu terlebih ketika sedang makan. Nafsu makan menjadi berkrang, sehingga badan dapat menjadi lemas dan kurang bertenaga.

Apabila menderita sariawan, harus segera diobati. Mengkonsumsi air tajin dipercaya dapat meringankan sariawan. Apabila sariawan sembuh, maka aktivitas dan nafsu makan dapat menjadi normal.

4. Menambah Energi
Minum segelas penuh air tajin dapat membantu orang yang sedang mengalami keletihan atau kelelahan kronis. Segelas air tajin juga bisa menjadi minuman pemberi energi di pagi hari. Air tajin ini dapat dibuat dari merendam nasi yang sudah matang.

5. Membatu tetap terhidrasi
Dengan kandungan mineralnya, air tajin dapat menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Selain itu, minum air tajin juga dapat membantu menjaga hidrasi tanpa kehilangan nutrisi esensial.

Pada pasien diare yang kehilangan banyak cairan, air tajin juga dapat membantu. Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air tajin saat diare. ***

Pos terkait

Google News