Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi Cuka Apel. | Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Cuka apel dibuat dari bahan dasar apel, gula, dan ragi yang diproses dengan cara fermentasi. Biasanya, cuka ini banyak digunakan sebagai dressing salad, bumbu, dan pengawet makanan.

Cuka apel juga diketahui mengandung beragam nutrisi yang menyerupai kandungan nutrisi dalam jus apel seperti pektin, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan asam folat. Selain itu juga mengandung asam asetat, asam amino, kalium, dan antioksidan.

Baca Juga

Dari kandungan tersebut, cuka apel dapat memberikan manfaat yang beragam bagi kesehatan tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat cuka apel untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan asam asetat di dalam cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah serta mencegah tekanan darah tinggi.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan cuka apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Meski demikian, studi tersebut juga masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan keamanan konsumsi cuka apel untuk menjaga kesehatan jantung masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah
Tak hanya menjaga kesehatan jantung, cuka apel juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin di dalam tubuh. Manfaat ini membuat cuka apel baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

3. Menangkal Efek Radikal Bebas
Cuka apel mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang dapat menangkal dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas pemicu terjadinya berbagai macam penyakit.

Bahkan, sebuah riset juga menyebutkan bahwa antioksidan di dalam cuka apel berpotensi untuk menjaga fungsi hati dan menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer. Namun, klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, penurunan berat badan tetap harus diimbangu dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tentu saja tidak bisa hanya dengan menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

5. Memberikan Perlindungan Pada Sel Tubuh
Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan cokelat? Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Ternyata, polifenol juga bisa kamu temukan pada cuka apel. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyatakan manfaat polifenol dalam cuka apel, orang tetap beranggapan polifenol tersebut punya peran yang sama seperti yang terkandung dalam bahan makanan lainnya. ***

Pos terkait

Google News