Mantan Kadis PU Diperiksa Penyidik Polres Palu Terkait Pembayaran Jembatan Palu IV

Jembatan Palu IV roboh akibat diterjang gempa dan tsunami pada 28 September 2018 lalu. Kisruh pembayaran hutang jembatan yang asudah ambruk itu kini terus bergulir dan masih ditangani Tipikor Polres Palu. [Dok/Kompas]
Bagikan Artikel Ini
  • 161
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Polemik pembayaran hutang Jembatan IV Palu yang sudah bergulir ke proses hukum terkait adanya dugaan gratifikasi atau pemberian fee atas pembayaran jembatan itu, masih terus bergulir.

Dilansir dari SultengNews.com, penyidik Polres Palu juga sudah memeriksa mantan Kepala Dinas (Kadis) PU Kota Palu, Ir. Bartholomeus Tandigala untuk dimintai keterangan terkait prosedur hingga Pemkot Palu memiliki utang pembangunan jembatan yang menjadi icon Kota Palu itu.

Baca Juga:

Kapolres Palu AKBP. Moch Sholeh yang dikonfirmasi membenarkan, bahwa pihaknya sudah memeriksa mantan Kadis PU Palu, Ir. Bartholomeus Tandigala, terkait prosedur pembangunan jembatan hingga Pemkot Palu akhirnya memiliki utang.

“Iya benar, kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap mantan Kadis PU Palu (Ir. Bartolomeus Tandigala.red),” ujar Kapolres Palu AKBP. Moch Sholeh kepada sejumlah wartawan di Polres Palu, Selasa (12/11/2019).

Kapolres menyebutkan, penyidik masih terus mempelajari kasus tersebut, sehingga tidak salah dalam mengambil kebijakan, karena dirinya baru beberapa hari bertugas di Polres Palu.

Loading…

Sementara, mantan Kadis PU Palu, Ir. Bartholomeus Tandigala saat dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya memang sudah diperiksa penyidik Polres Palu.

“Iya benar,” jawab Bartho sapaan akrabnya saat membalas pesan WhatsApp yang dikirim media ini kepadanya terkait informasi tentang pemeriksaan dirinya.

Sebelumnya penyidik Polres Palu, pada Sabtu 20 dan 22 Juli 2019 lalu sudah meminta keterangan terhadap Direktur PT Global (Perusahan yang membangun Jembatan IV Palu) kurang lebih 7 jam bersama 8 orang lainnya.

Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Kristian Holmes bahkan pernah menjelaskan, sekitar enam orang lagi di Kota Palu akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Keenam nama itu, sudah ada dengan kita dan akan kita panggil nanti. Mereka diantaranya Mantan Walikota Palu, Mantan Ketua DPRD Kota Palu dan 4 nama lainnya,” ujar AKP Kristian Holmes sebagaimana dilansir KailiPost.com pada 24 Juli 2019 lalu.

Kini, Polres Palu kembali mengembangkan proses hukum atas dugaan fee dibalik pembayaran Jembatan IV Palu sebesar Rp14,9 Miliar kepada PT. Global selaku perusahaan yang membangun Jembatan IV Palu. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA