Medsos Karya Anak Bangsa Jadi Penantang Facebook dan Twitter

[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 20
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Media sosial sudah tidak bisa dipisahkan oleh masyarakat kini. Biasanya mereka menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter yang merupakan buatan luar negeri.

Lupakan sejenak aplikasi media sosial buatan luar negeri. Sebab Indonesia juga memiliki aplikasi media sosial yang tidak jauh berbeda dengan ketiga aplikasi buatan luar negeri tersebut. Dikutip dari CNBC Indonesia, berikut penjabaran 5 aplikasi sosial media buatan lokal.

Baca Juga

DailyAct
DailyAct merupakan aplikasi lokal dengan visi menciptakan lingkungan positif dalam kehidupan bersosialisasi digital yang. Berfokus pada fitur berbagi konten, DailyAct yang telah dipersiapkan sejak Desember 2018 dan baru diluncurkan pada Agustus 2019 ini bertujuan untuk memotivasi para pengguna untuk mengembangkan diri, menjalin relasi, serta menyeimbangkan kehidupan.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, yaitu Indicator yang digunakan untuk melabeli konten yang diunggah; My Favorite Things untuk menunjukkan hal-hal yang paling mereka sukai ke sesama pengguna; Admire yang mewadahi kekaguman kepada pengguna lain; dan Collection untuk memperlihatkan minat pengguna kepada calon pengikutnya.

Kwikku
Kwikku yang dikembangkan oleh 5 mahasiswa mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) pada September 2013 ini memiliki fitur pesan instan dan blogging untuk berbagi tulisan, meme, dan video. Selain itu ada pula Fitur Jomblo untuk kirim pesan random dalam botol ataupun chat anonymous, serta fitur Konten Khan Lokal yang berisi kurasi artikel, sticker dan lainnya.

Pada 2019, Kwikku menyasar ke Generasi Z dengan menghadirkan Artikel Viral, Webtoon dan Novel terbaik. Penggunannya dapat mencari berbagai Novel tanpa perlu ke toko buku, sebab Kwikku menyediakan novel baru dan lama berbagai genre.

Loading…

MindTalk
MindTalk yang diluncurkan pada November 2012 oleh pengembang PT Merah Putih Incubator ini merupakan jejaring sosial yang fokus pada minat pengguna. Mindtalk menyediakan ruang sendiri untuk menampung ketertarikan para penggunanya dalam bentuk channel. Dari sisi interface, Mindtalk mengadopsi sistem real time stream sehingga memungkinkan usernya untuk memposting secara cepat.

Aplikasi Mindtalk ini sudah hadir di platform Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone. Untuk desktop, Mindtalk dapat diakses melalui semua browser, juga tersedia dalam bentuk aplikasi di Google Chrome Web Store.

Oorth
Dikembangkan oleh Skynosoft Portal Prime, Oorth merupakan aplikasi komunitas yang diluncurkan pada Oktober 2017. Sebagai wadah komunitas, Oorth menghubungkan orang-orang dan komunitas dalam satu platform.

Oorth sendiri memiliki banyak fitur, salah satunya fitur Chat, Solidaritas, Donasi, hingga Marketplace. Hingga kini sudah lebih dari 50 ribu pengguna dari Indonesia dan 19 negara telah mengunduh Oorth sebagai media untuk berkomunikasi sehari-hari.

Sebangsa
Sebangsa yang dikembangkan oleh PT Sebangsa Bersama adalah platform social marketplace komunitas untuk membantu pegiat komunitas mewujudkan misi komunitas dengan cara yang unik. Dengan memfasilitasi semua anggotanya untuk berkegiatan secara online, Sebangsa bertujuan agar komunitas dapat melakukan aksi nyata guna memperkaya pengalaman dan interaksi di komunitas mereka.

Dibentuk pada 2014, Sebangsa memiliki fitur unggulan, seperti Bazar Senggol untuk menciptakan keakraban antar anggota lewat marketplace; Senggolan yang berisi donasi, lowongan pekerjaan dan lainnya; serta fitur Senggolan Akbar yang biasanya dibuat oleh komunitas yang sudah terverifikasi. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA