Menang Mutlak, Iwan Bule Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2019-2023

Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2019-2019 setelah menang mutlak dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019) siang. [Antara]
Bagikan Artikel Ini
  • 35
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Mochamad Iriawan resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu unggul mutlak saat penghitungan suara. Perwira tinggi di kepolisian itu mengalahkan dua calon ketua umum lainnya, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.

Baca Juga

Iwan Bule meraih 82 suara dari total 85 suara voters, sementara Rahim dan Arif tidak mendapat suara. Adapun tiga suara lainnya abstain saat berlangsungnya pemungutan suara. Sementara satu suara lagi tidak ikut memilih alias walk out yakni perwakilan Persis Solo.

Iwan Bule akan melanjutkan tonggak kepengurusan PSSI setelah era Edy Rahmayadi yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015-2019. Namun, Edy memutuskan mundur dari jabatannya tahun 2018 dan digantikan Joko Driyono sebagai Plt ketum.

Posisi Joko lantas digantikan Iwan Budianto karena yang bersangkutan tersangkut kasus perusakan barang bukti oleh Satgas Anti Mafia Bola.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, sebelum penghitungan suara dimulai, lima calon ketum PSSI diusir dari arena Kongres PSSI. Kelimanya adalah Vijaya Fitriyasa, Fary Djemy Francis, Yesayas Oktavianus, Sarman El-Hakim, dan Aven S. Hinelo.

Sedangkan Benny Erwin meski tidak diusir tetap memilih meninggalkan ruangan.

Vijaya mengungkapkan alasan mereka meninggalkan ruangan Kongres PSSI karena diusir Sekjen PSSI Ratu Tisha setelah meminta penjelasan soal pelaksanaan kongres.

Loading…

“Kami sebenarnya berharap di kongres dapat kejelasan. Tapi kami tidak dikasih kesempatan bicara, malah kami diminta untuk meninggalkan ruangan,” ujar Vijaya kepada wartawan.

Dalam Kongres PSSI ini, Presiden FIFA Gianni Infantino juga turut memberikan sambutan lewat tayangan video.

“Kongres yang diselenggarakan hari ini adalah kongres yang sangat penting, dan kongres pemilihan merupakan kongres yang akan jadi fondasi untuk dapat melanjutkan apa yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir,” ujar Infantino.

“Kita perlu bekerja keras bersama untuk sepak bola Indonesia dan tentunya dunia,” ucap Infantino menambahkan.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali yang hadir dalam Kongres PSSI menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk seluruh stakeholder sepak bola Indonesia.

“Presiden menyampaikan salam karena beliau tugas ke Bangkok dan Presiden FIFA ingin bertemu presiden kita di Bangkok, karena kita terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata Zainudin.

Sempat Memanas
Sebelumnya, situasi di lokasi kongres di Hotel Shangri-La sempat memanas, setelah dua calon ketua Vijaya Fitriyasa dan Mochamad Iriawan berseteru.

Sebelum dimulainya acara pada pukul 09.30 atau molor 30 menit agenda yang direncanakan pada pukul 09.00 masing-masing calon berada di luar ruangan kegiatan.

Tetapi situasi di luar ruangan menjadi memanas setelah salah satu calon Vijaya Fitriyasa didorong salah seorang dari kubu calon lain, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA