Miftachul Akhyar Terpilih Sebagai Ketua Umum MUI Gantikan Ma’ruf Amin, Berikut Profilnya

  • Whatsapp
KH Miftachul Akhyar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat periode 2020-2025. [Foto: Ist/NU.or.id]
Bagikan Artikel Ini
  • 19
    Dibagikan

Jakarta, JurnalNews.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) X di Jakarta. Dalam Munas itu, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Miftachul Akhyar ditetapkan sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 menggantikan Prof KH Ma’ruf Amin.

Penetapan Ketua MUI tersebut dihasilkan secara mufakat tim formatur Munas X MUI yang berlangsung pada 25-26 November 2020 di Jakarta.

Lihat Juga

KH. Miftachul Akhyar menjadi Ketua Umum MUI ke-8 sejak organisasi ini berdiri pada 1975. Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum kini menjadi Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Pada pidato pertamanya usai terpilih, Kiai Miftach mengajak seluruh pengurus MUI yang terpilih agar mampu memberikan pencerahan terhadap umat di tengah maraknya disrupsi teknologi saat ini.

“Situasi kondisi yang mungkin bisa disebut sebagai zaman disrupsi teknologi merupakan kewajiban kita sebagai pewaris para anbiya, untuk bisa memberikan pencerahan pada umat sekaligus tanggung jawab kita sebagai mitra pemerintah,” kata Pengasuh Pesantren Miftachussunnah Surabaya ini.

Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, diharapkan MUI mampu memberi solusi dengan pelbagai kontribusinya bagi kehidupan dunia saat ini.

Berita Terkait

Google News