MODEL PASAR ONLINE

  • Whatsapp
Pasar hewan kurban online di Studio Jagaters.
Bagikan Artikel Ini
  • 10
    Shares

Oleh: Joko Intarto
Sebanyak 15 komputer digunakan untuk menyelenggarakan pasar hewan kurban online di Studio Jagaters, pagi ini. Itu baru Komputer untuk mengelola master control sebagai pengendali tayangan.

Masih ada lagi dua komputer di dalam studio. Komputer ini khusus untuk produksi video yang akan disiarkan melalui aplikasi webinar Zoom.

Baca Juga

Di ruangan yang lain ada tiga Komputer lain lagi. Fungsinya sebagai alat monitor siaran.

Perlu komputer begitu banyakkah untuk menyelenggarakan siaran langsung pasar hewan kurban online? Ya. Memang perlu banyak alat. Karena banyak informasi tentang kurban yang harus ditampilkan di layar pemirsa.

Memang belum tentu semua informasi itu akan ditayangkan, karena akan menyesuaikan kebutuhan dan hasil latihan terakhir. Tetapi tim Jagaters mempersiapkan sistem lengkap untuk mengantisipasi kebutuhan setiap saat.

Advertisements

Sejak tadi malam seluruh sistem telah di aktifkan. Sebab pagi ini acara jual beli ternak kurban secara online akan dimulai.

Kawasan Solo Raya menjadi pilot project. Pak Haji Ghofur sebagai pemilik peternakan hewan qurban Al-Kautsar, Klaten. Ada Reynald Falah dari Lazismu yang telah melakukan ferivikasi jumlah dan lokasi kandang.

Dijamin tidak ada yang kaleng-kaleng
Program perdana ini akan mengajak para sohibul kurban di wilayah Solo Raya dan mereka yang tinggal di seluruh dunia yang ingin menunaikan kurban di wilayah Solo Raya. Hewan kurban disediakan Pak Ghofur dari Klaten. Sedangkan pengelolaan hewan/daging kurban dilakukan Lazismu Solo Raya.

Untuk siaran perdana ini, Jagaters telah membuka link webinar dengan kuota 1.000 user. Artinya, ada 1.000 orang yang bisa bergabung dalam acara ini.

Setelah program kurban Solo Raya, Jagaters akan mengulang program ini untuk wilayah lain. Sudah menyatakan kesiapan bergabung antara lain Pak Darul Farokhi dari Ngajuk, Jawa Timur, dan Mas Kang Tatang Ruchiyat dari Banten. Ada pula beberapa pesantren yang sudah menyampaikan ketertarikan untuk berkolaborasi.

Untuk mengikuti acara pasar hewan kurban online ini tidak sulit. Link webinar sudah tersedia di bagian bawah status ini. Tinggal di-klik.

Mengikuti acara ini menurut saya penting. Sebab belum ada model pasar online ini sebelumnya. Pemerintah membuat imbauan agar pasar sapi beralih ke online system tanpa merekomendasikan sistem apa Yang bisa digunakan sohibul kurban maupun Pedagang sama-sama bingung.

Agar ada solusi Jagaters ber inisiatif membuat model pasar onlinenya. Siapa tahu aplikasi webinar bisa digunakan secara efektif.

Bila model ini berhasil, bukan tidak mungkin Jagaters akan membuat divisi usaha baru: online direct selling. Bisa jualan sepeda motor, mobil, rumah, apartemen, tanah, barang elektronik dan emas/perhiasan.

Tapi itu belakangan. Sekarang targetnya sederhana dulu: menghasilkan model atau pilot project untuk disempurnakan lagi. Hasil penyempurnaan akan digunakan untuk menggelar acara jual beli hewan kurban secara online beberapa hari lagi bekerjasama dengan Pemilik/peternak di zona berbeda. Bisa Nganjuk, Serang, atau Bandung.

Model yang nanti sudah terbukti efektif akan disebarluaskan agar bisa menjadi pengetahuan masyarakat. Siapa pun boleh meniru. Bahkan bisa jadi saya akan membuat pelatihannya.

Jadi, betapa pun besarnya cita-cita, Yang harus dipikirkan kali pertama adalah membuat modelnya. Tanpa model, biaya pembuatan program akan menjadi sangat mahal.

Nah, sudah siap? Join di link webinar berikut ini: https://bit.ly/3dKtkEM

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News