New Normal Harus Diikuti Disiplin Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Pertemuan virtual membahas rencana respon covid-19 Sulteng dengan Direktur Surveilens dan Karantina Kesehatan dan jajaran, Rabu (10/6/2020). [Humas Pemprov]
Bagikan Artikel Ini
  • 144
    Shares

 

Palu, JurnalNews.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) merangkap Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng, Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si, memastikan komitmen gugus tugas untuk memperketat pelacakan Orang Tanpa Gejala OTG) yang berpotensi menularkan virus ke orang lain.

Baca Juga

Hal itu ditegaskan dalam pertemuan virtual membahas rencana respon covid-19 Sulteng dengan Direktur Surveilens dan Karantina Kesehatan dan jajaran, pada Rabu (10/6/2020) pagi.

Sesuai rilis pusdatina covid provinsi per tanggal 9 Juni 2020 telah terungkap 159 kasus positif, dan sekaligus isyarat bahwa pelacakan di akar rumput masyarakat oleh tim surveilens harus lebih diperluas.

Ditambah lagi dengan adanya pelonggaran di ruang publik akibat kenormalan baru tambah sekda jika tidak diikuti kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan justru akan menjadi bumerang yang menambah banyak kasus penularan.

“Kami khawatir jika OTG ini tidak terjangkau maka mereka akan menularkan karena secara fisik mereka sehat dan ikut berinteraksi di masyarakat,” jelasnya.

Advertisements

Melengkapi laporan ketua harian, Kadis Kesehatan Sulteng dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK, M.Kes menyatakan bahwa jajaran dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota selama ini telah aktif menyuluh masyarakat tentang penyakit covid-19 dan cara menangkalnya.

Termasuk penjemputan pasien ke lokasi isolasi, pemakaman PDP covid sesuai protokol kesehatan, pengadaan mandiri fasilitas pemeriksaan swab PCR di labkes provinsi, pengawasan penumpang pada sejumlah moda transportasi, penyediaan tempat cuci tangan, APD dan obat-obatan, penyemprotan disinfektan, sampai pelaksanaan rapid test massal bagi pelaku perjalanan dan ibu hamil. [***]

 

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News