Operasi Cipkon, Polres Donggala Amankan Puluhan Jerigen Miras

Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Kepolisian Resort (Polres) Donggala merilis hasil operasi cipta kondisi (Cipkon) tahun 2017. Dari hasil operasi itu, pihak kepolisian berhasil mengamankan 24 jerigen minum keras (Miras) jenis cap tikus, puluhan botol minuman beralkohol, serta puluhan botol minuman keras jenis saguer.

Kapolres Donggala, AKBP Arie Ardien, SIK, dalam keterangan persnya, Selasa (24/10/2017) mengatakan, hasil tangkapan ini sesuai dengan aduan masyarakat kepada polisi.

Baca Juga:

Dijelaskannya, selain minuman keras, pihaknya juga mengamankan pelaku pengrusakan hutan, pelaku tindak kekerasan, pungli, dan pelaku pengedar uang palsu. Menurut Kapolres, beberapa berkas pelaku sudah dilimpahkan ke Kejaksaan.

Kapolres menuturkan, tindak pidana kekerasan menempati angka tertinggi di Kabupaten Donggala, yakni sebesar 70 persen. Dari perkelahian, premanisme, sajam hingga narkoba.

“Yang tertinggi itu tindak pidana kekerasan. Ini dipicu oleh minuman keras. Dan rata-rata pelakunya masih berada di bawah umur,” kata Kapolres.

Menurut dia, angka ini tentunya sangat mencemaskan. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan langkah preventif.

“Hal ini menjadi kekuatiran kita. Yang paling menonjol soal kekerasan itu. Operasi yang kami lakukan di sekolah-sekolah belum lama ini anggota kami menemukan pil THD di tas siswa.  Dari hp siswa yang disita ada beberapa video porno. Kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda untuk melakukan pembinaan,” ujarnya

Selain merilis hasil operasi cipta kondisi, Kapolres juga menyampaikan soal kesiapan mereka dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada Donggala tahun 2018.

Kapolres mengungkapkan, pihaknya sudah membentuk posko-posko di beberapa Kecamatan yang dianggap rawan. Langkah tersebut untuk mengantisipasi sejak dini potensi konflik di masyarakat agar tidak terjadi.

“Ada beberapa posko sudah kita bangun, terutama di Kecamatan yang dianggap rawan, yakni Kecamatan Labuan dan Kecamatan Sindue. Saya meminta teman-teman wartawan untuk membantu pihak kepolisian untuk menciptakan suasana yang kondusif,” terangnya.[***]

Rep; Jose Rizal

loading...

Berita Lainnya

Google News