Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus Buru Ali Kalora Cs

  • Whatsapp
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
Bagikan Artikel Ini
  • 116
    Dibagikan

Jakarta, JurnalNews.idPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengirim pasukan khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk membantu Polri mengejar pelaku teror Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berafiliasi dengan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Kelompok bersenjata pimpinan Ali Kalora itu telah melakukan teror dan serangan yang menewaskan empat orang warga Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi pada Jumat (27/11/2020) pekan lalu.

Lihat Juga

Hadi menyebut, TNI akan menindak tegas para pelaku aksi teror di Sigi yang dilakukan oleh MIT pimpinan Ali Kalora ini.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, pasukan khusus yang dikirim Hadi ini akan ditugaskan di Poso dan akan diberangkatkan sesegera mungkin. Rencananya, pasukan ini akan diberangkatkan pada Selasa (1/12/2020).

“TNI akan mendukung Polri, besok pagi akan diberangkatkan pasukan khusus dari Halim (Bandara Halim Perdanakusum) menuju ke Palu dan ditugaskan di Poso untuk memperkuat pasukan yang sudah ada sebelumnya di Poso,” kata Hadi saat menggelar konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Namun Hadi tidak merinci berapa banyak pasukan yang akan dia kirim dalam operasi tersebut. Hadi hanya menjelaskan sejumlah keperluan untuk mendukung operasi penangkapan terhadap kelompok MIT pimpinan Ali Kalora yang telah melakukan aksi terorisme di Sigi itu telah dikirim secara bertahap.

Operasi ini memang akan dilakukan oleh pasukan Tinombala dan telah mulai beroperasi sejak aksi terorisme di Sigi yang menyebabkan empat orang warga meninggal dunia.

Dia pun berharap operasi ini akan berjalan lancar sehingga kelompok MIT ini bisa tertangkap dan segera diadili sesuai dengan perilaku kejahatan yang telah mereka perbuat.

“Sehingga apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia bahwa kelompok MIT harus dikejar dan sampai dapat akan kami laksanakan,” kata dia.

“Saya mohon doa agar operasi ini bisa berjalan dengan lancar, dukungan-dukungan untuk operasional sudah kita kirim secara bertahap, dengan dukungan operasional tersebut, saya yakin kelompok MIT yang melakukan kejahatan atas penduduk yang tidak berdosa segera tertangkap,” jelasnya.

Diperluas di Tiga Wilayah
Terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, Satgas Tinombala saat ini terus memburu pelaku teror disertai kekerasan di Kabupaten Sigi yang diduga dilakukan kelompok MIT pimpinan Ali Kalora. Pencarian yang dilakukan Satgas Tinombala diperluas ke tiga wilayah.

“Sampai saat ini Satgas Tinombala melakukan pengejaran di wilayah Sigi, Parigi, dan Poso,” kata Didik saat dikonfirmasi, Senin (30/11/2020).

Namun demikian Didik tak membeberkan bagaimana perkembangan pengejaran terhadap terduga pelaku tersebut.

“Masih dilakukan pengejaran,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (27/11/2020) sebanyak empat orang warga Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dibunuh oleh kelompok teroris jaringan MIT pimpinan Ali Kalora.

Terkait peristiwa itu, kepolisian menyebut bahwa aksi itu dilakukan untuk menyebarkan teror di tengah masyarakat. Selain menimbulkan korban jiwa, aksi itu juga menyebabkan tujuh rumah terbakar. [***]

Berita Terkait

Google News