Pansus Bencana DPRD Sulteng Raker Bersama Pemkab Parigi Moutong

  • Whatsapp
Pansus pemulihan bencana alam Padagimo 28 September 2018 DPRD Provinsi Sulteng menggelar rapat kerja dengan Pemkab Parimo bersama DPRD setempat, Senin (13/7/2020). [Antara]
Bagikan Artikel Ini
  • 35
    Shares

 

Parigi, JurnalNews.id – Panitia khusus (Pansus) pemulihan bencana alam 28 September 2018 Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo) DPRD Sulawesi Tengah menggelar rapat kerja (Raker) dengan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong bersama DPRD setempat.

Baca Juga

Ketua Pansus Padagimo Budi Luhur pada pertemuan itu, di Parigi, Senin (13/7/2020) mengatakan Parigi Moutong kabupaten terakhir yang dikunjungi guna mendengarkan secara langsung penyampaian pemerintah setempat atas dampak kerusakan yang melanda wilayah tersebut.

“Kami ingin tahu sejauh mana penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi, pemulihan ekonomi dan psikologi korban gempa di daerah ini untuk menjadi bahan evaluasi kami sebagai tim kerja khusus bencana Padagimo,” ujar Budi Luhur yang juga Politisi Partai Golkar.

Dia menjelaskan, awalnya pansus ini dinamai Pasigala, namun melihat Parigi Moutong masuk daerah terdampak, maka nama itu di ganti menjadi Padagimo, sehingga pemerintah bersepakat tiga kabupaten dan satu kota terdampak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi melanda Sulteng.

Advertisements
Advertisements

Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai mengatakan, berdasarkan data pemerintah setempat terdapat 553 rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan dan 15 orang dinyatakan meninggal dunia.

“Penyaluran dana stimulan rumah rusak berat pada tahap pertama sudah terlaksana termasuk penyaluran dana santunan duka kepada ahli waris. Saat ini sudah masuk tahap dua penyaluran stimulan rumah rusak sedang dan ringan,” ungkap Badrun.

Total dana bantuan stimulan dan santunan duka senilai Rp85 miliar lebih yang bersumber dari dana hibah yang difasilitasi pemerintah pusat. [***]

Advertisements

Sumber: Antara

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News