Pebalap Muda Indonesia Meninggal Usai Kecelakaan di Sirkuit Sepang

Pebalap muda Indonesia, Afridza Munandar meninggal dunia usai kecelakaan dalam balapan Asia Talent Cup jelang MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019). [MotoGP]
Bagikan Artikel Ini
  • 75
    Shares

JurnalNews.id – Kabar duka datang dari ajang balapan Asia Talent Cup jelang MotoGP Malaysia. Pebalap Indonesia Afridza Munandar meninggal dunia usai kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Afridza mengalami insiden kecelakaan dengan pebalap Jepang Shinji Ogu saat memasuki tikungan ke-10 di lap pertama balapan Asia Talent Cup 2019. Kecelakaan itu membuat bendera merah dikibarkan pertanda dihentikannya balapan.

Baca Juga

Ajang Asian Talent Cup 2019 merupakan momen bagi sejumlah pembalap muda untuk menunjukkan bakatnya sebelum penyelenggaraan Grand Prix Malaysia.

Afridza diduga mengalami luka sangat parah akibat benturan keras. Bendera merah akhirnya dikibarkan untuk menghentikan lomba.

Pebalap berusia 20 tahun itu lantas dapat penanganan medis pertama kali di sisi lintasan. Tak berselang lama, ia dilarikan ke rumah sakit Kuala Lumpur menggunakan helikopter.

Meski cepat mendapatkan penanganan dari petugas medis di lintasan dan saat berada di rumah sakit, nyawa Afridza tidak tertolong.

“Dengan berat hati kami mengumumkan pebalap Asia Talent Cup, Afridza Munandar telah meninggal dunia. Dia mengalami kecelakaan pada putaran pertama di Sirkuit Sepang. Kami memberi simpati kepada keluarga dan teman Afridza,” tulis pernyataan resmi MotoGP.

Afridza merupakan salah satu pebalap di Asia Talent Cup yang cukup menonjol. Ia telah meraih dua juara seri, dua kali runner-up, dan dua kali finis ketiga di balapan musim ini.

Afridza pun hanya terpaut 27 poin dari pemuncak klasemen pebalap yang ditempati rider asal Jepang, Takuma Matsuyama.

Berkat penampilannya yang gemilang, pembalap berusia 20 tahun itu berpeluang menjadi juara Asia Talent Cup 2019.

“FIM, Dorna Sports, dan Idemitsu Asia Talent Cup menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih dari Munandar,” tulis pernyataan resmi FIM.

Marquez Turut Berduka
Pebalap MotoGP dari tim Honda, Marc Marquez, menyampaikan rasa duka cita atas meninggalnya Afridza. Dalam akun Instagram, Marquez menuliskan ekspresi belasungkawa kabar duka tersebut.

“Hari berkabung di dunia balap motor. Afridza Munandar telah meninggal dunia sore ini setelah kecelakaan di ajang Asian Talent Cup. Istirahat dalam damai, Afridza,” demikian tulis Marquez dengan mengunggah foto Afridza di Instagramnya.

Kabar meninggalnya Afridza tentu sangat mengejutkan untuk masyarakat Tanah Air. Sebab dua hari sebelumnya, Indonesia juga ditinggalkan seorang atlet berbakat dari dunia sepak bola. Bek Timnas U-16, Alfin Lestaluhu meninggal dunia karena menderita sakit infeksi otak. [***]

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA