Pembangunan Gedung Rektorat IAIN Palu Diduga Tanpa IMB

Pembangunan gedung rektorat IAIN Palu yang saat ini tengah berlangsung, diduga belum mengantongi IMB. [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 67
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Pembangunan gedung rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, senilai Rp20,199 miliar yang saat ini tengah berlangsung, diduga belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

“Informasi yang kami terima, bahwa bangunan milik IAIN Palu iti belum mengantongi IMB dan izin-izin lainnya,” kata Ketua Front Pemuda Peduli Daerah (FPPD) Eko Arianto dalam keterangannya di Palu, Jumat (29/11/2019).

Baca Juga:

Menurut Eko, sesuai Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka semua komponen sebelum membangun wajib mengantongi izin membangun atau IMB. Setiap pembanguan yang ada di di Kota Palu, wajib patuh terhadap aturan yang ada, termasuk syarat pendirian bangunan.

Terlepas dari IMB, IAIN Palu harus mengantongi dokumen mengenai kajian terhadap lingkungan yang menjadi syarat penting dalam memperoleh IMB.

Ia menambahkan, dari sisi geografis atau aspek kerentanan terhadap bencana, harus menjadi pertimbangan tersidiri dan fokus utama IAIN Palu. Sebab, letak IAIN Palu yang berada di pesisir pantai Teluk Palu, sangat rentan terhadap bencana tsunami.

“Seharusnya, bencana 28 September 2018 menjadi pelajaran bagi IAIN Palu. Artinya, bila kawasan tersebut masuk sebagai zona merah, maka sebaiknya harus dipertimbangkan untuk dilanjutkan pembangunan di kawasan tersebut,” sebutnya.

Kemudian, prioritas keamanan, kenyamanan dan keselamatan seluruh civitas akademik IAIN Palu juga harus menjadi pertimbangan dalam menyusun perencanaan pembangunan kampus yang ramah terhadap bencana.

Loading…

“Ini tidak bisa main-main, sebab ada ribuan mahasiswa di dalam yang harus diperhatikan dan diprioritaskan oleh IAIN Palu,” ujarnya.

Kepala Bidang Perencanaan yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan gedung Rektorat IAIN Palu, Ahdar A Somba yang dikonfirmasi mengaku sedang berada di luar kota dan mengarahkan media ini untuk menghubungi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan IAIN Palu.

“sy mhn maaf pak, sy msh di luar kota, terkait dg kewenangan utk memberikan klarifikasi terhadap persoalan ini, kami silahkan utk menghubungi pimpinan kami wakil rektor bidang administrasi umum perencanaan dan keuangan IAIN Palu, bpk Dr. Kamarudin, M.Ag. Sekali mhn maaf,” kata Ahdar via layanan WhatsApp, Jumat (29/11/2019) petang.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan IAIN Palu, Dr Kamarudin, M.Ag yang dikonfirmasi melalui layanan WhatsApp sejak Sabtu (30/11/2019), belum memberikan jawaban.

Hingga berita ini dilansir pada Minggu (1/12/2019) Pukul 10:24 Wita, konfirmasi yang dikirim media ini juga belum dijawab. padahal pesan konfirmasi yang dikirim telah tercentang dua warna biru, yang menandakan bahwa pesan yang masuk sudah diterima dan dibaca.

Pembangunan gedung rektorat berlantai empat dilengkapi dengan area parkir kendaraan di lantai dasar ini rencananya akan selesai pada 31 Desember 2019. [***]

Penulis; Sutrisno
Editor; Agus Manggona

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA