Penyebaran Covid-19 di Tiga Wilayah Sulteng Melalui Transmisi Lokal

  • Whatsapp
Sekdaprov Sulteng Hidayat Lamakarate, selaku Ketua Harian Gugus Covid-19, memimpin rakor Langkah dan Penanggulangan Covid-19 dan Bencana Alam, Selasa (26/5/2020). [Humas Pemprov]
Bagikan Artikel Ini
  • 221
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dr. Reny Lamadjido, Sp.PK, M.Kes mengatakan, penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus Corona di tiga wilayah sudah melalui transmisi lokal. Ketiga wilayah itu yakni, Kota Palu, Kabupaten Poso dan Kabupaten Buol.

Hal tersebut disampaikannya pada Rakor Langkah dan Penanggulangan Covid-19 dan Bencana Alam bersama Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si. selaku Ketua Harian Gugus Covid-19, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga

Kadis Kesehatan menyampaikan beberapa langkah penaggulangan penyebaran Covid-19.

Reny Lamadjido juga menyampaikan bahwa ada kemajuan percepatan kesembuhan pasien Covid-19 yang mengembirakan.

“Saat ini, Dinas Kesehatan Provinsi mendorong Dinas kesehatan Kabupaten dan Kota untuk melakukan Rapid tes, seperti di Buol sebanyak 90 orang dan Tolitoli sebanyak 80 orang,” jelasnya.

Advertisements

Menanggapi laopran Kadis Kesehatan, Sekdaprov Hidayat Lamakarate, mengatakan langkah-langkah yang dilakukan sudah sangat baik dan meminta perlu ditingkatkan dengan beberapa hal diantaranya, Pemerintah Provinsi melalui Gugus Tugas Covid bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid Kota Palu akan melakukan Rapid Tes secara massal di Kota Palu, agar kepala dinas kesehatan provinsi selaku wakil sekretaris Gugus Tugas Covid mempersiapkan kegiatan tersebut dengan baik.

Sekdaprov juga meminta agar Dinas Kesehatan memastikan penanganan Pasien di Buol dan Tolitoli berjalan dengan baik dan mempercepat  hasil rapid tes yang dilakukan didaerah tersebut.

Lebih jauh Sekda meminta kadis kesehatan agar hasil rapid tes Positip di Kabupaten Balut segera dilakukan swab untuk dikirim ke provinsi dengan harapan kita dapat pastikan apakah yang bersangkutan positip Covid -19.

“Pastikan langkah-langkah penanganan penanggulangan covid-19 kabupaten lain berjalan dengan baik,” pinta Sekdaprov.

Sekda juga meminta kepada Kalak BPBD agar terus memastikan penanganan bencana sudah tertangani dengan baik.

“Pastikan Pemerintah hadir saat terjadi bercana,” kata Hidayat pada Rakor yang juga dihadiri Kalak BPBD Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala. [***]

Editor: Agus Manggona

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News