People’s Tribunal Pasigala Datangi DPRD Kota Palu

  • Whatsapp
People’s Tribunal Pasigala bersama Ketua DPRD Kota Palu, Moh Ikhsan Kalbi usai pertemuan, Rabu (10/6/2020). [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 125
    Shares

 

Palu, JurnalNews.id – Koalisi Masyarakat Sipil yang tergabung dalam People’s Tribunal Pasigala (Palu, Sigi dan Donggala) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mendatangi DPRD Kota Palu, Rabu (10/6/2020).

Baca Juga:

Kunjungan itu dipimpin langsung Ketua People’s Tribunal Pasigala Hartati SH, yang juga Ketua DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kota Palu, didampingi enam Advokat dari Sulteng Bergerak dan Sarekat Hijau (SHI) Sulteng.

Kedatangan Koalisi Masyarakat Sipil itu diterima langsung Ketua DPRD Kota Palu, Ikshan Kalbu didampingi Ketua Fraksi Gerindra, Syarif.

Pada pertemuan itu, Ketua People’s Tribunal Pasigala Hartati menyampaikan beberapa permasalahan terkait hak-kak korban bencana pasigala, yang hingga kini masih terkatung-katung.

Advertisements

Menurut Hartati, People’s Tribunal Pasigala memiliki data-data terkait belum terpenuhinyahak-hak para penyitas bencana. “Data yang kami miliki juga membutuhkan klarifikasi dari data Pemerintah Kota, terkait soal penyaluran dan penyelesaian hak korban bencana di Kota Palu,” jelasnya.

Mendapat penjelasan tersebut, Ketua Fraksi Gerindra merespon positif upaya yang akan ditempuh People’s Tribunal Pasigala, terkait penyelesaian hak-hak para korban bencana.

“Soal data, nanti kita bisa lakukan evaluasi bersama dengan teman-teman dari People’s Tribunal Pasigala,” ucap Syarif.

Sementara, Ketua DPRD Kota Palu mengatakan bahwa skema penganggulangan bencana di Kota Palu, merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Advertisements

“Kita memiliki data warga yang menjadi korban bencana Tahun 2018. Penyelesaian hak-hak korban menajdi bagian dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat,” katanya.

“Kami mendukung langkah-langkah People’s Tribunal Pasigala dalam memperjuangkan hak-hak para korban,” tegas Ikhsan Kalbi.

Pada pertemuan di ruang kerja Ketua DPRD Kota Palu itu, Agussalim SH dari LBH Palu menyampaikan, People’s Tribunal Pasigala memerlukan sinergitas dengan Pansus yang dibentuk DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, yang wilayahnya terdampak bencana 2018.

Menurut Agus, yang perlu dilacak adalah soal data penerimaan para korban.

“Masing-masing DPRD telah membentuk Pansus. Hasil Pansus itu yang perlu kita lihat bersama dan sebaiknya pansus-pansus itu dapat saling berkoordinasi dan bertemu. People’s Tribunal Pasigala siap memfasilitasi pertemuan tersebut,” ujar Agus yang langsung diamini Ketua DPRD Kota Palu.

Selanjutnya, sesuai jadwal yang sudah diagendakan, People’s Tribunal Pasigala juga akan mendatangi DPRD Kabupaten Sigi.

“Sesuai agenda, hari Jumat ini kami akan ke DPRD Kabupaten Sigi,” kata Agus. [***]

Advertisements

Editor: Sutrisno/*

Iklan
loading...

Berita Lainnya

Google News